Selasa, 5 Desember 2023

Joko Widodo Presiden Sebut UK Petra Berkontribusi Penting dalam Peningkatan SDM Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI saat memberi sambutan dalam Dies Natalis ke-60 UK Petra Surabaya, Rabu (22/9/2021). Foto: Humas UK Petra.

Joko Widodo Presiden Republik Indonesia menyebut bahwa  Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya telah berkontribusi penting dalam peningkatan SDM. Itu disampaikan pada Dies Natalis ke-60 tahun UK Petra Surabaya secara daring, Rabu (22/9/2021).

“Selamat Dies Natalis ke-60 untuk Universitas Kristen Petra. Dengan rekam jejak teruji telah melahirkan lebih dari 45 ribu alumni yang berkiprah di berbagai bidang tersebar di seluruh dunia. Ini artinya UK Petra telah berkontribusi penting bagi peningkatan kualitas SDM Indonesia selama lebih dari setengah abad,” kata Joko Widodo Presiden RI, Rabu (22/9/2021).

Presiden RI ke-7 tersebut juga turut mengapresiasi peran dan kontribusi UK Petra, Surabaya bagi dunia pendidikan di Tanah Air untuk menjadi Perguruan Tinggi Asuh bagi 10 Perguruan Tinggi Swasta di Medan, Denpasar, Sumba Timur, Alor, Kupang, Soe dan Jawa Timur. Presiden RI mengajak untuk terus secara sadar ikut memajukan pendidikan di daerah Indonesia Timur agar masyarakat memperoleh akses pendidikan tinggi yang berkualitas.

Sementara itu Dwi Setiawan ketua panitia acara menyampaikan bahwa perayaan ini dibagi menjadi tiga segmen yaitu pembukaan, acara utama dan penutup. “Sengaja acara dikemas lebih interaktif. Oleh karena itu kami mengajak para sivitas hadir dalam zoom meeting agar bisa saling menyapa satu sama lain sebelum acara di mulai,” kata Dwi.

Acara pembukaan diwarnai dengan penayangan video-video tentang perjalanan sejarah dan wawancara interaktif dengan dosen dan tenaga kependidikan UK Petra. Sedangkan dalam acara utama digelarlah acara pemberian berbagai penghargaan diberikan pada sivitas UK Petra.

Mulai dari penghargaan beasiswa pada mahasiswa, dosen berprestasi, hingga dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdikan dirinya pada UK Petra. Jumlah penerima beasiswa internal UK Petra di Tahun Anggaran 2020/2021 tercatat sebanyak 1.428 mahasiswa. Beasiswa ini diberikan untuk berbagai kategori.

Selain itu tersedia juga beasiswa yang bersumber dari donatur eksternal. Besaran dana beasiswa eksternal yang diterima di TA 2020/2021 yang diberikan pada 261 mahasiswa yang dikelola oleh Office of Institutional Advancement (OIA) UK Petra.

Perayaan Dies Natalis juga diramaikan dengan penyerahan penghargaan yaitu kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdikan diri selama 20 tahun dan 30 tahun di UK Petra.

UK Petra Surabaya juga terus mendorong para dosen yang memiliki kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tertinggi dengan memberikan penghargaan.

Acara penutupan diisi dengan video-video ucapan selamat dari para rekan UK Petra mulai dari pemerintah, akademisi dan mitra lainnya. Tidak hanya itu, juga diumumkan pemenang Wasis Sastroredjo Cup untuk Bulan Olah Raga Petra (BOP) yang berhasil menjaring 123 runners dalam event ini.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Aksi Demo Buruh, Lalu Lintas Lumpuh di Jalan Basuki Rahmat

Kemacetan Total di Raya Sukomulyo Gresik

Surabaya
Selasa, 5 Desember 2023
31o
Kurs