Minggu, 7 Maret 2021

Surabaya dan Wilayah Lainnya Berpotensi Hujan Disertai Petir Siang Ini

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan disertai petir terjadi di Surabaya dan beberapa wilayah lainnya di Jawa Timur (Jatim), Selasa (19/1/2021) siang.

Berdasarkan laman resmi BMKG Juanda, Surabaya berpeluang hujan disertai petir pada pukul 13.00 WIB, dengan suhu 32 derajat celcius, kelembapan udara 65%, dan angin dari barat daya dengan kecepatan 30 km per jam.

Sementara untuk pagi, sore dan malam, Surabaya berpeluang hujan ringan. Dengan suhu 27-31 derajat celcius, kelembapan udara 70-85%, dan angin dari barat daya dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Selain Surabaya, wilayah sekitarnya juga berpeluang hujan disertai hujan siang nanti. Di antaranya, Batu, Kabupaten Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo.

Untuk wilayah lainnya, berpotensi hujan ringan hingga sedang siang ini. Untuk hujan sedang berpotensi terjadi di Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Gresik, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kota Kediri, Kota Pasuruan, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Ponorogo. Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tuban, dan Kabupaten Tulungagung.

Sedangkan hujan ringan terjadi di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, Kabupaten Jombang, Kota Blitar, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Sampang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Sumenep.

Sebelumnya, Arif petugas BMKG Juanda mengatakan Jawa Timur masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang dan malam hari. Begitu juga dengan angin kencang yang sifatnya sesaat.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terkait perubahan cuaca tersebut.

“Hindari papan reklame, pohon yang berpotensi tumbang, serta untuk yang sedang dalam perjalanan ketika jarak pandangnya terbatas segera menepi ke tempat yang aman. Tingkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca yang bisa terjadi sewaktu-waktu,” ungkap Arif saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Senin (18/1/2021). (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Cemengkalang Banjir

Kemacetan di Ngasinan

Kepadatan di Tol Sidoarjo

Sampah di dekat GOR Gapura Unesa

Surabaya
Minggu, 7 Maret 2021
31o
Kurs