Jumat, 26 April 2024

Tahap Pertama, Pemkab Sidoarjo Dapat Jatah 9.300 Dosis Vaksin Covid-19

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Sebanyak 1,2 juta dosis Vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China, malam hari ini, Minggu (6/12/2020), tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Foto: Biro Pers Setpres

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo mendapatkan jatah vaksin Covid-19 dari pusat sebanyak 9.300 dosis. Hal itu disampaikan Hudiono Pj Bupati Sidoarjo saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Senin (4/1/2021).

Hudiono mengaku, pihaknya sudah siap menyambut kedatangan vaksin tersebut, yang akan disimpan di ruang khusus penyimpanan vaksin, di Kantor Dinas Kesehatan Sidoarjo. Secara bertahap, nantinya vaksin juga akan disimpan di puskesmas.

“Disimpan di Dinas Kesehatan yang sesuai standar aturannya. Kemudian nanti puskesmas, kita belikan alat juga nanti. Kebetulan kita dapat bantuan alat penyimpanan vaksin dari pusat ada 9. Nanti kita beli sendiri 18 alat,” kata Hudiono.

Persiapan lainnya, lanjut dia, petugas vaksinasi (vaksinator) sebelumnya sudah mengikuti training virtual. Untuk pelaksanaanya, saat ini masih menunggu arahan dari pusat.

Adapun tahap pertama vaksinasi nanti, sasarannya adalah tenaga kesehatan. Namun demikian, Hudiono mengaku siap, kalau dirinya menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 itu.

“Data berapa nakesnya, belum tahu detailnya. Ada sekitar 9.000 lebih itu, dan ini kan baru tahap pertama. Nanti masih ada tahap kedua. Tapi kalau saya disuruh suntik pertama, saya siap,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim terkait mekanisme pendistribusian vaksin Covid-19 itu ke kabupaten/kota.

Sekedar diketahui, vaksin Covid 19 sudah tiba di Surabaya, Senin (4/1/2021). Sejumlah vaksin dari Jakarta yang diangkut dengan mobil boks itu tiba di Kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur dengan pengawalan ketat. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs