Jumat, 21 Juni 2024

Tetap Pantau Kesehatan Anak Meski di Rumah Terus

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Opthamologist Health Talk diselenggarakan secara daring, Sabtu (24/7/2021) Foto : Manda roosa suarasurabaya.net

Peduli dengan isu-isu kesehatan, terutama kesehatan anak, Klinik Mata dr Sjamsu menggelar acara Opthamologist Health Talk dengan tema ‘Pantau Kesehatan Anak, Walau di Rumah Saja’.

Acara ini diselenggarakan masih dalam rangkaian Hari Anak Nasional 2021, yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (24/7/2021).

Topik menarik ini dibahas bersama pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu dr. Ria Sandy Deneska dokter spesialis mata subspesialis refraksi, lensa kontak dan low vision, serta dr. Ari Setyawati, Sp.A dokter spesialis anak.

Dalam materinya, dokter Ari membahas mengenai ‘Dukungan Nutrisi Yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Optimal Pada Anak’.

Ia menjelaskan nutrisi optimal sudah terangkum dalam periode emas seribu hari pertama kelahiran anak, yang terhitung sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun.

“Masa seribu hari pertama kehidupan sangat penting bagi tumbuh kembang buah hati, dan dapat menentukan perkembangan kecerdasan secara jangka panjang. Tidak optimalnya perkembangan otak pada masa ini juga akan berpengaruh terhadap kehidupan buah hati di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, dokter Ria membawakan materi mengenai seputar keluhan kesehatan mata pada anak, yaitu mengenai mata minus.

“Banyak faktor yang mendukung terjadinya mata minus pada anak, 10 persen mata minus pada anak dapat berasal dari genetik, tapi mari kita optimalkan 90 persen dengan berbagai upaya pencegahan agar mata anak sehat” ujarnya.

Selain karena faktor genetik, gaya hidup juga berpengaruh pada mata minus anak. Kebiasaan menonton TV atau bermain komputer terlalu lama dan posisi membaca yang salah juga berkontribusi membuat mata lelah yang pada akhirnya bisa membuat kelainan refraksi mata.

Untuk itu dokter Ria mengingatkan agar para orang tua lebih peduli untuk memantau kesehatan anaknya.(man/den)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 21 Juni 2024
29o
Kurs