Selasa, 5 Juli 2022

Unesa Pecahkan Rekor MURI Penandatanganan MoU Terbanyak dengan 837 SMK se-Jatim

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes., Rektor Unesa di acara Dies Natalis di Graha Unesa, Selasa (21/12/2021). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Acara puncak peringatan Dies Natalisnya yang ke-57 Universitas Surabaya (Unesa) mendapat kejutan, yaitu Rekor MURI penandatanganan MoU terbanyak dengan 837 SMK se-Jawa Timur.

“Kado Dies Natalisnya Rekor MURI, Penandatanganan Kerja Sama Universitas dengan SMK Negeri dan Swasta Terbanyak. Total ada 837 SMK negeri dan swasta se-Jawa Timur,” kata Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes., Rektor Unesa di acara Dies Natalis di Graha Unesa, Selasa (21/12/2021).

Prof. Nurhasan menyatakan bahwa dengan kerja sama tersebut ia berharap bisa mengembangkan kualitas Merdeka Belajar di SMK dalam mendorong pembangunan daerah Jawa Timur.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyatakan bahwa melihat perkembangan yang ada, Unesa siap menjadi PTNBH. Ini akan menjadi starting poin bagi Unesa dalam membangun percepatan kemandirian dalam banyak hal.

“Upaya Unesa membangun kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satunya penandatanganan MoU antara Unesa dengan Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan 837 SMK se-Jawa Timur dan akan mendapatkan pembimbingan dari Unesa yang memiliki 12 prodi vokasi,” kata Khofifah.

Menurutnya kerja sama tersebut selaras dengan program Jatim yang menjadikan Pendidikan Vokasi sebagai bagian dari prioritas daerah. MIT dah Harvard pun sudah mulai bergeser dan menjadikan kompetensi menjadi bagian yang diperhitungkan.

Ini menjadi penting bagi pemprov karena memang magang dan merdeka belajar membutuhkan ruang yang lebih luas bagi anak-anak SMK dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi. Tentu akan bersifat resi profil bagi mahasiswa Unesa sendiri.

“Saya berharap akan menjadi percepatan penguatan skill yang dimiliki oleh anak-anak SMK yang ada di dalam koordinasi pemprov Jatim. Kalau untuk SMA double track, Pemrov dipandu oleh ITS dan sekarang SMK bersama Unesa. Kalau secara spesifik nanti sudah melakukan MoU tentu kami berharap akan ada percepatan penguatan dan kemandirian terutama dalam penguasaan spesifik skill bagi SMK di Jawa Timur,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga, Khofifah menyampaikan kepada pimpinan Unesa bahwa ada kebutuhan pendidikan vokasi di Tuban dan Magetan.

“Saat ini kami bersama Unesa tengah mempersiapkan di Magetan dan ternyata Tuban juga butuh. Karena penguatan TPPI dan empat tahun ke depan Insyaallah Rosneft juga bisa beroperasi. Maka pendidikan vokasi adalah pendidikan yang sangat mendesak untuk wilayah Tuban,” paparnya.

Jadi banyak hal yang perlu dikoordinasikan secara lebih detail dan lebih teknis dan terukur dengan Unesa.

“Dari semua itu, tagline Unesa satu langkah di depan. Kita dorong kita dukung menjadi bagian dari yang memberikan penguatan. Selamat Dies Natalis ke-57 bagi Unesa sukses berjaya dan hebat serta berkemajuan bagi Unesa,” kata Khofifah Gubenur Jawa Timur. (man/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
31o
Kurs