Minggu, 28 November 2021

Virus Corona Varian Delta India 98 Persen Lebih Mudah Menular

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Laksma dr IDG Nalendra DI, Sp.B,Sp.BTKV. Penanggungjawab RS Lapangan Indrapura, saat memberikan keterangan pers, Selasa (15/6/2021) Foto : Manda suarasurabaya.net

Laksma dr IDG Nalendra DI, Sp.B,Sp.BTKV. Penanggungjawab RS Lapangan Indrapura mengingatkan, virus varian India ini penyebarannya lebih hebat dibandingkan yang original. Virus Corona Varian Delta India 98 persen lebih hebat penularannya. Gejalanya sama dengan varian sebelumnya.

Terkait kasus Bangkalan, varian baru Delta 16117 (India), serta kesiagaan Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) dalam menghadapi eskalasi Covid-19 di Jawa Timur, dr Nalendra memberikan penjelasan tentang penanganannya.

“Hingga hari ini pasien yang ada di RSLI total 369, sedangkan kapasitas dengan kemampuan personel yang ada sebenarnya tidak sampai untuk menangani 400 kapasitas tempat tidur, tapi kita usahakan semaksimal mungkin,” jelas dokter Nalendra, Selasa (15/6/2021).

Di antaranya pasien tersebut, juga ada pasien dari hasil penyekatan di Suramadu jumlahnya ada 219 orang. “Dari 219, ada 9 pasien yang kita rujuk, satu orang dengan varian baru, atas permintaan ke Rumah Sakit Bojonegoro. Sisanya 8 orang, kasus awalnya datang baik, tiba-tiba terjadi proses penurunan sehingga dirujuk ke RSU Dr Soetomo Surabaya dan rumah sakit rujukan lainnya,” urainya.

Dokter Nalendra mengisahkan awal mula ditemukan varian baru ini. Ada 203 pasien diketahui CT Value berada di bawah angka 25, Padahal jika hasil CT Value seseorang berada di bawah angka 25, artinya kemungkinan jumlah partikel virus pada hidung orang itu sudah cukup banyak .

“Banyak pasien hasil penyekatan CT Value dibawah 25 dan itu menyebabkan kecurigaan awal akan ada varian baru. Dan hal itu terjadi terbukti,” tegasnya.

Dari data, hampir sebagian pasien hasil dari penyekatan di Suramadu, ada total 219 orang, 202 belum divaksinasi, ada 7 orang sudah dua kali vaksin tapi terpapar juga. Dan 10 orang, sudah divaksin satu kali juga terkena. Virus Corona Varian Delta India 98 persen lebih cepat penularannya.

Untuk itu Nalendra mengingatkan semua orang bersama-sama mengantisipasi penyebaran Covid-19. Salah satu caranya melibatkan media untuk mengedukasi masyarakat tentang  menjaga protokol kesehatan dan pentingnya vaksinasi. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
24o
Kurs