Jumat, 29 Maret 2024

5000 Pelanggan Dilaporkan Terdampak Robohnya Penyulang PLN di Benowo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tiang PLN yang roboh di Jalan Jawar, Desa Gendong, Benowo, Surabaya Jumat (17/6/2022) pagi sedang dievakuasi petugas. Foto: Command Center Surabaya

Penyulang Pakal (tiang listrik) milik PLN yang roboh karena kabelnya tersangkut truk yang sedang melintas di Jalan Jawar, Desa Gendong, Benowo, Surabaya pada Jumat (17/6/2022) pagi, mengakibatkan 5.000 pelanggan listriknya padam.

“Tiang listrik ini kan dekat dengan gardu induk Alta Prima yang dekat dengan pergudangan milik PT Maspion. Secara jalur, pasti banyak listrik rumah yang terdampak jika terjadi apa-apa,” jelas Lilik Budi Hartanto Manajer Jaringan UP3 Surabaya Selatan pada Radio Suara Surabaya Jumat (17/6/2022) siang.

Lilik mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan penormalan pada penyulang pakal tersebut. Setelahnya, pihaknya akan memasang tiang baru yang diperkirakan selesai pada Jumat sore.

“Proses pemasangan tiang listrik diperkirakan selesai pukul 17.00 WIB. Butuh waktu lama karena kita harus lokalisir terlebih dahulu wilayah mana saja yang terdampak dan tidak,” tambahnya.

Untuk kronologi kejadian, lanjut Lilik, dikarenakan posisi jalan yang menikung dan truk berjalan terlalu menepi, dekat dengan tiang listrik. Selanjutnya, ada bagian kabel dari penyulang pakal listrik yang tersangkut truk, sehingga menyebabkan tiang tersebut roboh.

“Setiap kabel di tiang kan ada bagian yang menggunakan bahan baja, jadi kalau ada yang tersangkut kendaraan besar, pasti betonnya juga bisa kalah dan tertarik sehingga roboh,” jelasnya.

Sebagai informasi, rubuhnya tiang tersebut juga menimpa dua sepeda motor yang melintas di kawasan itu. Meski demikian, dipastikan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Ke depannya, Manajer Jaringan UP3 Surabaya menyampaikan sebagai bentuk antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, tinggi kabel di wilayah yang rawan (dilewati kendaraan besar) akan dibuat berada tujuh meter di atas tanah.

“Itu sudah lebih tinggi dari standar yang seharusnya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk Penyulang Pakal yang rubuh saat ini sudah sepenuhnya berhasil dilakukan evakuasi. Jalur yang sempat tertutup dan hanya bisa dilewati motor, saat ini sudah terbuka sepenuhnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs