Sabtu, 4 Mei 2024

5000 Personel Koarmada II TNI AL Bersihkan Sungai Kalimas Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Persiapan susur Sungai Kalimas Surabaya dalam acara Berlian Kasih Suroboyo (Bersih Lingkungan dan Kali Bersih Suroboyo) oleh Koarmada II TNI AL dan Wakil Gubernur Jatim, Sabtu (13/8/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Koarmada II TNI AL menerjunkan 5000 personelnya untuk bersih-bersih Sungai Kalimas Surabaya, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan Hari TNI AL. Pembersihan dilalukan mulai Jalan Ketabang Kali – Jembatan Petekan Tanjung Perak.

Aksi itu dibuka langsung oleh Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur dan Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat Pangkoarmada II dengan seremonial menekan tombol sirine, disaksikan ribuan personel lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan memantau langsung aksi bersih-bersih sungai dengan rute sepanjang 7,7 kilometer itu.

Selain memperingati Kemerdekaan 17 Agustus dan Hari AL TNI 10 September, Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat mengatakan, program “Berlian Kasih Suroboyo (Bersih Lingkungan dan Kali Bersih Suroboyo)” ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai. Bahkan, menurutnya ini akan jadi kegiatan rutin.

Seremonial pembukaan aksi bersih-bersih Sungai Kalimas, Sabtu (13/8/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Pada hari ini sudah dinyatakan akan jadi kegiatan rutin hingga sampai kapan pun dengan harapan, lingkungan yang bersih akan menciptakan masyarakat yang tertib dan menimbulkan kesehatan lingkungan,” katanya pada awak media usai susur sungai, Sabtu (13/8/2022).

Hutabarat juga menyinggung akan ada kerja sama bersama Pemprov Jatim untuk mengembangkan program ini.

Sementara itu Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim merespons baik kegiatan yang diadakan oleh Koarmada II.

“Kami terus terang merasa sangat berbahagia dan apresiasi sebesar-besarnya pada seluruh insan dari Koarmada ini hampir seluruh penjuru bekerja keras dan terikat sampai mentok Petekan. Kita lihat tadi, Kalimas ini luar biasa potensinya bisa jadi contoh seberapa cantiknya kawasan ini kalau dikembangkan,” ucapnya usai susur sungai.

Diketahui, kegiatan bersih-bersih sungai ini sudah dilakukan mulai hari Selasa (9/8/2022) dengan menerjunkan 500 personel Koarmada II setiap harinya.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs