Rabu, 6 Juli 2022

Ikuti Pelayaran Bahari, 350 Siswa Naik Kapal Perang KRI Makassar-590 Koarmada II

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Upacara pelepasan peserta Saka Bahari oleh Panglima Koarmada II di markas Dermaga Madura Markas Komando Armada II, Jumat (20/5/2022). foto: Dimas suarasurabaya.net

Sebanyak 350 Siswa SMA Taruna Nala mengikuti Pelayaran Kebangsaan dan Bahari, yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 20 sampai 22 Mei 2022. Mereka ikut  berlayar menggunakan Kapal Perang KRI Makassar-590 di Perairan Laut Jawa, rute Pangkalan Komando Armada II (Koarmada) Surabaya menuju Pulau Karang Jamuang, Kabupetan Gresik.

Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto Panglima Koarmada II dalam acara pelepasan, Jumat (20/5/2022) sore, berharap pelayaran ini bisa mewujudkan tujuan utama Pemuda Saka Bahari (Satuan Karya Pramuka Bahari) yang bertanggung jawab, kuat dan cinta Tanah Air serta memiliki rasa kebangsaan dan bela negara yang tinggi.

Selain itu, juga memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara yang tinggi serta berbudi pekerti luhur.

“Generasi muda merupakan sumber daya manusia yang potensial bagi pembangunan bangsa. Oleh karena itu perlu dibina dan dikembangkan potensi tersebut untuk mengatasi persoalan dan tantangan global.

Sebagai informasi, Saka Bahari adalah wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan serta dapat menjadi bekal dalam mengembangkan lapangan kerja.

“Untuk itu perlu penanaman nilai-nilai agama budi pekerti serta nasionalisme dan kebangsaan agar para pelajar tetap mempunyai karakter dan jati diri Ke-Indonesiaan,” tegasnya.

Pemberangkatan ini juga disertai atraksi akrobatik pesawat tempur Rajawali Laut Flight Puspenerbal dan aksi bela diri, Paskibraka dan marching band dari SMA Taruna Nala.

Aksi para pemain Drumband SMA Nala saat memberangkatkan para peserta Saka Bahari di Markas Koarmada II, Jumat (20/5/2022). Foto: Dimas suarasurabaya.net

Di akhir sambutanntya, Laksda Iwan Isnurwanto menekankan kepada panitia penyelenggara, agar bisa menjalankan kegiatan ini dengan baik, lancar, tertib dan mengutamakan keselamatan peserta serta tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. (man/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
27o
Kurs