Sabtu, 8 Oktober 2022

Antusias Masyarakat Tinggi, Wali Kota Surabaya Akan Tambah Perahu Wisata Air Kalimas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
6 Perahu Wisata Air Kalimas yang siap beroperasi di Dermaga Taman Prestasi, Jumat (3/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Tingginya antusias masyarakat dalam menyambut Wisata Air Kalimas Reborn yang sudah diperbarui, membuat Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya berencana menambahkan unit perahu pada bulan Agustus 2022.

Sebelumnya, pasca diresmikan kembali oleh Wali Kota pada Selasa (31/5/2022) lalu, selalu terjadi antrean wisatawan hingga mengular di depan loket Dermaga Taman Prestasi hampir setiap hari.

Hanya dengan membayar Rp4 ribu, para penumpang sudah bisa menaiki perahu sambil berfoto-foto sepanjang rute sungai Kalimas Surabaya yang sudah banyak dihias.

Eri Cahyadi pun mengakui, Wisata Air Kalimas adalah wisata yang paling dikenal dibandingkan titik lainnya di Surabaya yang bahkan, diyakini dapat menjadi salah satu wisata primadona Kota Pahlawan. Untuk itu, ia berjanji akan menambah unit perahu di Wisata Air Kalimas menjadi lebih banyak.

“Sudah kita perhitungkan, Agustus nanti akan lebih dari 15 perahu (yang tersedia),” ujar Eri saat usai re-launching Wisata Air Kalimas Reborn, Selasa (31/5/2022).

Wisata Air Kalimas Reborn ini hadir dengan wajah lebih baru. Mulai dari tambahan lampu-lampu hias baik di dermaga maupun sepanjang rute yang dilewati perahu, keberadaan pasar apung dan penampilan pemain musik saksofon di atas perahu yang tidak lama lagi akan segera tersedia, serta penambahan start wisata di Dermaga Monumen Kapal Selam (Monkasel).

Selain itu untuk menjaga Wisata Air Kalimas tetap beroperasi, Eri menambahkan terus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas.

“Karena sungai Kalimas ini dangkal. Kalau turun sedikit saja debit airnya, perahu sudah tidak bisa melaju. Jadi kita usahakan mempertahankan debit airnya,” tambah Eri.

Sementara itu Rusdi Hismet Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olah Raga, serta Pariwisata (Disbudporpar) Kota Surabaya mengatakan, saat ini total 12 unit perahu yang tersedia dan siap beroperasi.

“Mulai dua bulanan lalu kita start pengecatan ulang hampir semua perahu. Karena sebelumnya ada tanda silang-silang untuk jaga jarak di masa pandemi,” ujar Hismet.

Perahu dengan kapasitas maksimal 14 orang, terdiri dari 2 personel perahu dan 12 penumpang itu, sementara ini melayani dua rute perjalanan. Dari Dermaga Taman Prestasi menuju Dermaga Monkasel Senin-Jumat, sedangkan start yang sama menuju Dermaga Taman Ekspresi setiap Sabtu-Minggu dan tanggal merah.

Terkait kuota, tersedia 1600 tiket per harinya. Feri Murgianto Koordinator Wisata Perahu Kalimas mengatakan setelah peresmian kembali, kuota selalu penuh. Bahkan sempat membludak di hari pertama. Pengunjung paling ramai berada di kisaran pukul 15.00-21.00 WIB.

“Tanggal 1 itu 2500 orang. Jadi sisanya kita buka sistem offline karena terlanjur datang ke dermaga. Tapi mulai tanggal 2 semuanya sudah online,” ujar Feri saat dikonfirmasi secara terpisah oleh suarasurabaya.net hari ini, Jumat (3/6/2022). (lta/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Sabtu, 8 Oktober 2022
26o
Kurs