Kamis, 25 April 2024

Bandara Juanda Surabaya Kembali Akomodasi Penerbangan Jemaah Umrah

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Keberangkatan perdana 392 jemaah umrah Jawa Timur via Bandara Juanda, Senin (14/3/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Setelah berhenti cukup lama akibat pandemi Covid-19, pemberangkatan jemaah umrah kembali dilaksanakan dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda Surabaya pada Senin (14/3/2022).

Penerbangan perdana dengan rute langsung (direct flight) Surabaya (SUB) – Madinah (MED) tersebut lepas landas dari Bandar Udara Internasional Juanda pada Senin (14/3/2022) pukul 11.47 WIB.

Menggunakan armada pesawat Airbus A330 seri 300 dengan nomor penerbangan JT1100, maskapai Lion Air mengangkut sejumlah 366 penumpang jemaah umrah dan secara simbolis dilepas keberangkatannya oleh Emil Elistianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Kami sangat bahagia karena dapat menjadi bagian dari peristiwa bersejarah, yakni penerbangan langsung umrah dari Bandara Juanda pasca sempat dihentikan karena pandemi Covid-19. Tentunya banyak jemaah yang sangat menunggu untuk dapat berangkat umrah, sehingga keberangkatan hari ini tentu sangat membahagiakan,” ungkap Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasioal Juanda dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (14/3/2022).

Untuk antisipasi kepadatan dan memperlancar arus penumpang, Sisyani telah menyiapkan ruang tunggu keberangkatan penerbangan domestik sebagai holding area yang mampu menampung 300 penumpang.

“Kondisi saat ini, seluruh penerbangan domestik beroperasi di Terminal 1, sehingga ruang tunggu keberangkatan domestik Terminal 2 dapat digunakan sebagai holding area penerbangan umrah,” jelasnya.

Sisyani menjelaskan bahwa untuk penerbangan umrah, dokumen kesehatan yang harus disiapkan calon jemaah adalah Sertifikat Vaksin International Certificate Vacvination (ICV) Meningitis dan Vaksin Covid-19.

Dokumen tersebut akan diperiksa di area validasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan pengaturan per kelompok 40 orang per agen travel.

“Untuk itu, kami telah mengimbau kepada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau agen travel untuk memastikan agar para jemaah telah memenuhi persyaratan, sesuai regulasi terkait Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Termasuk memastikan tiap jemaah telah memiliki aplikasi Peduli Lindungi guna kenyamanan dan ketertiban bersama,” ujar Sisyani

Sisyani menambahkan, setelah penerbangan umrah telah dilayani Lion Air, pihaknya akan kembali melayani penerbangan keesokan harinya, pada Selasa (15/3/2022), yang akan dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia rute langsung Surabaya (SUB) – Madinah (MED). (tha/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs