Jumat, 29 Maret 2024

Banjir Yang Rendam Tiga Desa Di Mojokerto, Surut

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Banjir di beberapa desa di Mojokerto sudah mulai surut. Setelah ketinggian air banjir sampai lebih satu meter. Foto: Fuad Maja FM

Banjir akibat meluapnya sungai Lamong yang merendam tiga desa di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokarto surut, Jumat (11/2/02022).

Joko Supangkat Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Mojokarto mengatakan, update terkini kondisi banjir yang sempat merendam tiga desa yakni Dusun Balong, Desa Bayulegi, Dusun Talunbrak, Desa Talunblandong, Dusun Klanting, Pulo dan Beru Desa Pulorejo pada Kamis (10/2/2022) telah surut.

“Alhamdulillah sekarang sudah surut semua termasuk di Dusun Balong, Desa Bayulegi yang kemarin sempat terendam banjir hingga ketinggian 80 sampai 120 cm juga telah normal kembali,” ungkap Joko Supangkat saat di hubungi Maja FM, Jumat (11/2/2022).

Menurut dia, banjir yang melanda tiga desa di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokarto meruapakan banjir tahunan yang diakibatkan meluapnya sungai Lamong. “Ya tetap, karena luberan sungai Lamong, meski di Kabupaten Mojokerto tidak hujan tapi di kawasan hulu ini sendang terjadi hujan dengan intensitas tinggi maka disini akan terimbas banjir,” kata Joko.

Selain merendam puluhan rumah warga di tiga Desa, imbas dari luberan sungai Lamong juga merendam hektaran tanaman padi dan tebu di area persawahan milik warga sekitar. “Untuk area persawahan kemarin yang ikut terendam ada kisaran 15 hektar, itu rata rata ada tanaman tebu dan padi yang masih berusia 2-3 bulan,” tambah Joko.

Dengan surutnya banjir yang sempat merendam tiga desa tersebut, dapur umum yang sempat didirikan untuk mensuplai makanan bagi warga dan posoko kesehatan rencananya juga akan ditutup. “Posko kesehatan dan juga dapur umum dari rekan rekan Tagana rencananya akan di tutup sore nanti,” tegas Joko.

Sebelumnya, banjir akibat luapan sungai Lamong sempat merendam puluhan rumah warga di tiga desa sejak Kamis (10/02/2022). Banjir merendam rumah warga hingga ketinggian air sekitar satu meter lebih.(fad/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs