Jumat, 19 April 2024

Banyak Pemudik yang Sudah Kembali ke Jakarta Sebelum Puncak Arus Balik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Foto: Humas Jasa Marga

Irjen Pol Suntana Kapolda Jawa Barat mengatakan saat ini banyak masyarakat sudah kembali ke Jakarta, dan wilayah Jabodetabek sehingga diharapkan bisa mengurangi beban arus balik pada tanggal 6-8 Mei.

“Berdasarkan data yang ada, saya lihat beberapa masyarakat dari wilayah Jawa Tengah, Bandung sudah ada yang kembali ke Jakarta,” kata Kapolda Jabar saat meninjau persiapan arus balik di tempat istirahat KM 229 tol Pejagan-Kanci, Kamis (5/5/2022).

Pihaknya mengatakan dengan banyaknya masyarakat yang sudah kembali ke Jakarta dan wilayah Jabodetabek, diharapkan nantinya pada tanggal 6-8 Mei 2022 arus lalu lintas bisa berkurang. Karena pada tanggal tersebut, lanjut Suntana diprediksi menjadi puncak arus balik Lebaran 2022, terutama kendaraan yang mengarah ke Jakarta melalui wilayah hukumnya.

Suntana menuturkan, hari ini pula banyak masyarakat yang kembali lebih awal, sesuai anjuran dari pemerintah yaitu untuk kembali lebih awal.

“Pemerintah sudah menyarankan untuk kembali lebih awal, dan saya lihat dari heli arus lalu lintas di jalan tol serta arteri kiri dan kanan masih aman,” tuturnya, seperti dikutip dari Antara.

Suntana berharap masyarakat yang akan kembali ke Jakarta maupun Jabodetabek, untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas, agar bisa selamat sampai tujuan.

Selain itu, ia berharap agar pada saat arus balik ini bisa berjalan lancar seperti arus mudik kemarin, meskipun memang ada sedikit kepadatan tapi kendaraan masih bisa berputar.

“Pemerintah menyarankan untuk tidak pulang pada puncak arus mudik dan itu dipatuhi, karena meskipun ada kepadatan tetapi tidak terlalu parah. Kita ingin di arus balik juga terjadi seperti arus mudik,” katanya.(ant/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs