Sabtu, 13 Agustus 2022

Tujuh Strategi Polri Mengantisipasi Kemacetan Arus Balik ke Jabodetabek

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Unggahan pengguna Twitter yang viral tentang kemacetan di Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) pada 29 April 2022. Foto: Tangkapan layar Twitter

Polri memperkirakan sebanyak 1,9 juta kendaraan pemudik akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), pada periode arus balik Hari Raya Idulfitri tahun ini.

Irjen Pol Dedi Prasetyo Kepala Divisi Humas Polri bilang, prediksi itu berdasarkan kalkulasi jumlah kendaraan yang keluar dari Jabodetabek sebelum lebaran.

Untuk mencegah kemacetan parah di jalan, Polri, Kementerian Perhubungan dan pihak terkait lainnya menyiapkan berbagai langkah antisipasi.

“Ada tujuh upaya antisipasi yang akan diterapkan pada masa arus balik kendaraan menuju Jakarta dan sekitarnya,” ujar Kadiv Humas Polri, Kamis (5/5/2022).

Pertama, pemberlakuan satu jalur (one way) dari Kilometer 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai Kilometer 70 (Gerbang Tol Cikampek Utama).

Kedua, menyiapkan rute alternatif dari Jakarta menuju Bandung pada waktu berlakunya sistem one way.

“Upaya ketiga, mengimbau masyarakat mengambil jalan alternatif, tidak menunggu penerapan one way selesai,” imbuhnya.

Selanjutnya yang keempat, menerapkan manajemen tempat istirahat atau Rest Area Management System (RAMS) supaya pengguna jalanan tetap nyaman.

Kelima, mengimbau masyarakat tidak berhenti di bahu jalan kalau tidak bisa beristirahat di rest area.

Keenam, menjamin ketersediaan bahan bakar minyak, bengkel dan fasilitas lainnya untuk membantu masyarakat yang kendaraannya bermasalah.

Yang ketujuh, meminimalisir hambatan di rute alternatif. Sehingga, kapasitas jalan bisa menampung kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif.

Sebelumnya, Joko Widodo Presiden menegaskan pemerintah berupaya mengatur perjalanan arus balik yang puncaknya diprediksi terjadi tanggal 6-8 Mei 2022, dengan manajemen lalu lintas.

Antara lain, menerapkan kebijakan kendaraan nomor pelat ganjil genap, jalur satu arah (one way), dan melarang sementara truk masuk jalan tol.

Berbagai kebijakan itu diberlakukan supaya masyarakat tidak terlalu lama berada di jalanan menuju Jakarta dan tempat tujuan lainnya.

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, masyarakat yang mudik Lebaran tahun ini bisa mencapai 85 juta orang.

Diperkirakan ada 23 juta unit mobil, dan 17 juta unit sepeda motor yang mengangkut pemudik pulang kampung.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 13 Agustus 2022
24o
Kurs