Jumat, 3 Februari 2023

Belasan Tenda Surabaya Kite Festival 2022 Roboh, BPBD Pastikan Tidak Ada Korban

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ketut Suwarna salah satu peserta Surabaya Kite Festival 2022 dari Solo yang sedang menyelamatkan beberapa layang-layang tiga dimensinya saat belasan tenda roboh, Sabtu (1102022). Foto Meilita suarasurabaya.net

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya memastikan tidak ada korban dalam peristiwa robohnya belasan tenda peserta Surabaya Kite Festival 2022 di Long Beach Pakuwon City hari ini, Sabtu (1/10/2022).

Ridwan Mubarun Plt Kepala BPBD Kota Surabaya memastikan seluruh pengunjung berhasil menyelamatkan diri dan tidak tertimpa tenda.

“Tidak ada (korban). Karena angin kencang, tidak jadi karena cuaca tidak memungkinkan,” kata Ridwan pada suarasurabaya.net saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Menurutnya, cuaca yang tidak dapat diprediksi itu karena masa transisi atau perubahan dari kemarau menuju musim hujan.

“Memang gini, beberapa bulan lalu sudah ada peringatan dari BMKG yang menyatakan ada percepatan perubahan iklim karena hidrometeorologi. Biasanya musim hujan itu November, mungkin Oktober sudah mulai musim hujan. Karena ini masa transisi sehingga biasanya akan menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang. Saya berharap masyarakat meningkatkan kesiapsiagaannya,” imbuh Ridwan.

Sementara Fajar Setiawan Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak juga membenarkan terkait peralihan musim saat ini. Fajar memprediksi selama tiga hari ke depan, hujan intensitas sedang bisa terjadi sore.

“Penyebabnya karena sekarang sedang ada Fenomena gelombang Rossby serta adanya daerah konvergensi di wilayah Jawa Timur. Selain itu, suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih cukup hangat, serta masih adanya fenomena La Nina lemah, sehingga adanya gangguan atmosfer cukup signifikan tersebut menyebabkan kondisi atmosfer menjadi labil. Berpengaruh dalam pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang akan semakin intens dan dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat,” tutur Fajar.

Sebelumnya diberitakan, belasan tenda di lapangan Long Beach Pakuwon City roboh sekitar pukul 13.25 WIB usai diterpa angin kencang. Akibatnya gelaran Surabaya Kite Festival 2022 dihentikan, dan akan dilaksanakan besok, Minggu (2/10/2022).(lta/ris/iss)

Berita Terkait