Kamis, 25 April 2024

Bentuk Eksplorasi Diri, Menang Empat Lomba Pidato Nasional dan Internasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aurelia Angelica Ng, mahasiswi Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya menangi 4 juara nasional dan internasional Speech Contest. Foto: Humas UK Petra

Berhasil raih empat prestasi dalam Speech Contest berskala nasional maupun internasional, Aurelia Angelica Ng, mahasiswi prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya sebut kemenangannya bagian dari eksplorasi diri. “Aku selalu merasa dalam semua perlombaan yang kuikuti, tidak pernah merasa akan menang,” ungkap Angel sapaan Aurelia Angelica Ng, Senin (17/1/2022).

Keempat prestasi yang berhasil diraih Angel adalah Juara 1 Speech Contest English Festival, Economics English Conversation Club Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro (Indonesia), Juara 1 Speech Contest English Contest of Basic, English Science Club Universitas Soedirman (Indonesia), Juara 2 Speech Contest National Speech Competition, Universitas Stikubank (Indonesia) dan yang terakhir Juara 1 Speech Contest Asean Intervarsity Youth Competition, Prince of Songkla University Thailand.

Angel yang suka mengikuti debat sejak masih duduk di bangku SMA ini semakin menyadari bahwa ternyata tujuannya mengikuti kompetisi pun menjadi berubah seiring berjalannya waktu. “Bukan lagi untuk mencari pengakuan dari luar, namun sekaligus untuk menunjang perkembangan diri dan menjadi sarana untuk ekspresi serta eksplorasi diri,” ujar Angel asal Semarang.

Angel merinci, kini dirinya bisa melihat suatu keadaan dengan cara yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan saat proses menyusun pidato dirinya harus banyak membaca dan pintar-pintar mengubah cara pandang. Kini, Angel yang merupakan mahasiswi angkatan 2019 itu merasa lebih yakin dan confident dengan diri sendiri.

Kompetisi debat yang diikuti oleh mahasiswi dengan fokus Broadcast and Journalism itu semuanya berbahasa Inggris. Angel pun membagikan strateginya hingga bisa membawa pulang juara. “Jauh-jauh dari kata-kata cincai, ya sudahlah, gapapa lah dalam konteks perlombaan. Harus persiapkan segala sesuatu dengan baik dan maksimal. Meskipun mustahil untuk bisa mengontrol semuanya, setidaknya harus bisa membuat persiapan yang memadai,” rinci Angel.

Bahkan gadis pemilik IPK 3,79 itu menceritakan bahwa banyak bahan yang didapatkannya saat di bangku perkuliahan. Banyak sekali bentuk-bentuk teori yang bisa dimasukkan bahkan di elaborasikan dalam speech. Mahasiswi semester 6 itu mengajak rekan-rekan mahasiswa yang ingin ikut kompetisi untuk terbuka pada evaluasi dan kritik. “Bahkan jangan menganggap diri sendiri yang paling benar. Kompetisi itu bukan hanya tempat untuk mencari penghargaan, tapi juga merupakan kesempatan yang baik untuk mencari ilmu, relasi, perspektif, dan bahkan diri sendiri,” pungkas Angel. (tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs