Jumat, 26 April 2024

BI Jatim Layani 1.500 Penukar Uang Baru Dalam Sehari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Salah satu penukar uang tunai secara drive thru di Bank BI Jatim, Sabtu (16/4/2022). Foto: Retha suarasurabaya.net

Bank Indonesia Cabang Jawa Timur untuk terus tingkatkan layanan Drive Thru yang baru di gelar perdana pada tahun 2022. Hal ini dilakukan dalam menghadapi tingginya animo masyarakat, yang melakukan penukaran uang baru selama bulan Ramadan.

“Untuk sesi satu tadi sudah ada 750 penukar. Untuk sesi dua kurang lebih sama. Rata-rata kita melayani sekitar 1.500 penukar dalam sehari,” ujar Bandoe Widiarto Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur pada suarasurabaya.net saat ditemui di Bank Indonesia Cabang Jatim, Sabtu (16/4/2022).

Tingginya animo masyarakat ini membuat BI Jatim terus berupaya melakukan terobosan dan inovasi untuk terus memperbaiki layanan.

“Kalau minggu pertama kemarin hanya ada tiga loket penukaran, saat ini kita buka lima loket. Tiga untuk motor dan dua untuk mobil. Semoga bisa melayani lebih cepat,” papar Bandoe

Bandoe menyampaikan, terobosan Drive Thru di tujukan untuk mengurangi penukaran uang secara illegal yang riskan terhadap potensi peredaran uang palsu.

“Tidak usah menukarkan uang secara ilegal karena berisiko tercampur uang palsu. Selain berbayar, biasanya pecahannya berkurang. Penukaran di BI tidak dikenakan biaya. Kalau ada, nanti tolong laporkan saya,” imbuhnya.

Penukaran minggu kedua ini, Bandoe merinci, ada sekitar 500 penukar dengan motor, 100 dengan mobil dan sekitar 100 penukar yang sebelumnya sudah terdaftar dalam aplikasi pintar.bi.go.id.

Dalam melayani penukaran uang baru selama Ramadan dan menyambut Idulfitri 1443 Hijriyah, BI Jatim yang bekerjasama dengan 31 perbankan Surabaya telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp12 triliun.

“Khusus Drive Thru saja, transaksi penukaran pada minggu pertama tanggal 9 -10 April, mencapai 6 miliar. Untuk pelaksanaan minggu kedua ini saya perkirakan sekitar 10 miliar. Sampai besok ya. Jadi mungkin total ada sekitar 16 miliar,” pungkasnya. (tha/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs