Sabtu, 8 Oktober 2022

BNPB: Akhir April Cuaca Ekstrem Akan Mendominasi Sebagian Wilayah Indonesia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Hujan Angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Letjen TNI Suharyanto Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut pada akhir April 2022, kejadian cuaca ekstrem akan mendominasi sebagian wilayah Indonesia.

Suharyanto mengatakan meski kejadian banjir berkurang, namun yang paling menonjol adalah cuaca ekstrem.

“Cuaca ekstrem ini akhir-akhir ini mendominasi wilayah-wilayah di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi,” katanya dalam konferensi pers “Kesiapsiagaan Menuju Mudik Aman dan Mudik Sehat” yang dipantau Antara, Kamis (28/4/2022).

Dia menambahkan, per tanggal 28 April 2022, telah terjadi 1.391 kali terjadi bencana, dan yang masih mendominasi adalah bencana banjir.

Rinciannya, bencana banjir terjadi sebanyak 541 kali, kemudian tanah longsor 256 kali, dan cuaca ekstrem yang juga hampir sama dengan banjir, yakni sebanyak 508 kali.

“Kemudian dampak dari bencana alam di tahun 2022 ini sampai Bulan April sudah banyak juga yang meninggal. Sudah ada 84 orang yang meninggal dunia, bahkan sampai 1.811.788 orang yang terpaksa menderita dan harus mengungsi,” kata dia.

Suharyanto mengatakan BNPB sudah memetakan seluruh wilayah Indonesia terkait dengan daerah-daerah yang terkena banjir, di mana masih didominasi di Pulau Jawa, sebagian Pulau Sumatera dan sebagian Pulau Kalimantan.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Sabtu, 8 Oktober 2022
25o
Kurs