Minggu, 28 April 2024

Danau Unesa Digadang-gadang Jadi Destinasi Wisata Baru di Surabaya Barat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bersama Nurhasan Rektor Unesa berkolaborasi untuk mengembangkan pendidikan dan wisata di Kota Pahlawan. Foto: surabaya.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bekerja sama untuk mengembangkan pendidikan serta destinasi wisata di Kota Pahlawan.

Kerja sama itu melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kawasan Danau Unesa.

“Dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kawasan Unesa, wilayah Surabaya Barat. Mahasiswa yang akan praktik, bisa bersinergi memanfaatkan kawasan Danau Unesa untuk menggerakkan sentra PKL,” kata Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, pada Jumat (15/7/2022).

Menurutnya, kawasan Danau Unesa memiliki potensi menjadi destinasi wisata baru di Kota Pahlawan. Rencananya, kawasan itu akan dibuat mirip dengan wisata Perahu Air Kalimas, yakni dengan hiasan lampu dan permainan air.

“Semoga dengan bantuan Unesa, Pemkot Surabaya bisa segera membuka destinasi wisata baru tersebut. Di kawasan Surabaya Barat,” ujar Eri.

Selain itu, Unesa juga akan membuka Fakultas Kedokteran Olahraga. Rencananya, akan berkolaborasi dengan RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) Kota Surabaya, untuk menjadi rumah pendidikan.

“Ini kolaborasi yang sangat luar biasa. InsyaAllah Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini sudah ditandatangani sebagai rumah sakit pendamping. Kita berjalan paralel, hari ini kita sudah tandatangani PKS-nya untuk RS Pendidikan,” ujar Eri.

Eri mengatakan, yang terpenting bagi Pemkot Surabaya adalah tidak bisa melepaskan gotong-royong dan sinergitas bersama perguruan tinggi, salah satunya Unesa. Sebab, kekuatan kebersamaan ini akan menjadi contoh sinergi antara pemkot dan perguruan tinggi untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan dalam semua bidang.

“Karena perguruan tinggi mempunyai kelebihan untuk mendukung berbagai program untuk kepentingan masyarakat Kota Surabaya,” ujar dia.

Sementara itu, Prof. Dr. Nurhasan Rektor Unesa mengatakan, dukungan Pemkot Surabaya mampu mewujudkan cita-cita untuk membangun dan mengembangkan Kota Pahlawan, baik dalam bidang pendidikan, olahraga, hingga pariwisata.

“Selaku perguruan tinggi yang memiliki sarana, prasarana dan SDM, maka kami sinergikan dengan Pemkot Surabaya. Kami sudah mendiskusikan dan melakukan berbagai aksi di kawasan Surabaya barat, untuk bisa memberikan peluang bagi masyarakat di sekitar kampus,” kata Nurhasan.(des/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs