Selasa, 19 Maret 2024

Duplikat Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi Telah Dikembalikan ke Monas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga tampak antusias melihat arak-arakan yang melewati Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (17/8/2022) petang. Foto: Antara

Duplikat Bendera Merah Putih dan naskah proklamasi telah dikembalikan ke Monumen Nasional (Monas), dengan diiringi arak-arakan menggunakan kereta kencana pada Rabu (17/8/2022) petang.

Seperti dilaporkan Antara, pada pukul 17.34 WIB, Jokowi Presiden telah memasukkan Bendera Merah Putih ke kotak kayu yang kemudian dibawa Kolonel Pnb. Agni Prayogo Komandan Wing (Danwing) 4 Lanud Atang Sendjaja selaku komandan upacara penurunan bendera.

Setelah itu, pada pukul 17.52 WIB Sang Merah Putih dan naskah proklamasi langsung disimpan kembali ke Monas. Pukul 17.56 arak-arakan keluar dari Istana Merdeka melewati Jalan Medan Merdeka Barat dan warga berkumpul mengabadikan momen tersebut.

Kepolisian bersiaga menjaga agar warga tidak keluar dari sisi jalan sehingga tidak menghalangi arak-arakan menuju Monas. Pukul 18.32 WIB, Jalan Medan Merdeka Barat kembali dibuka dan bus TransJakarta menuju ke Monas juga beroperasi lagi.

Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, yang berlangsung lancar pada Rabu sore.

Anggota tim pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang dinamai Pancasila Sakti, salah satunya diisi oleh Ayumi Putri Sasaki asal Jawa Timur, yang bertugas sebagai pembawa bendera setelah diturunkan. Dia melakukan tugasnya dengan baik saat menyerahkan bendera kepada Jokowi Presiden selaku inspektur upacara.

Prosesi penyerahan bendera kepada Presiden yang berjalan lancar disambut tepuk tangan dari segenap hadirin dan tamu undangan Upacara Penurunan Bendera di halaman Istana Merdeka, ketika rombongan paskibraka bersiap kembali ke tempat mereka. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
33o
Kurs