Selasa, 27 September 2022

Atraksi Garuda dan Nusantara Flight Meriahkan Peringatan HUT RI di Istana Merdeka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
14 Pesawat Tempur F-16 membentuk formasi angka 77, melintas di atas Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Acara peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, dimeriahkan berbagai pertunjukan.

Selain kesenian, ada aksi udara yang dilakukan Personel TNI dan Polri, di area langit Istana Merdeka, sekitar pukul 10.30 WIB.

Sebanyak 14 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU yang tergabung dalam Garuda Flight akan membentuk formasi angka 77, dalam atraksi fly pass.

Atraksi tersebut merupakan permintaan dari Panitia Pusat Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

Call sign dari fly pass pesawat tempur F-16 adalah Garuda Flight.

Pesawat-pesawat tempur F-16 yang terlibat atraksi Garuda Flight, berasal dari dua satuan berbeda, yaitu Skadron 23 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, dan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Helikopter yang tergabung dalam Nusantara Flight melakukan atraksi udara mengibarkan bendera raksasa sepanjang 30 meter melintas depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Garuda Flight akan melakukan penerbangan dengan lintasan dari selatan ke utara atau tepat di muka Istana Merdeka dengan membentuk angka 77.

Untuk fly pass helikopter, kode panggilnya Nusantara Flight.

Helikopter-helikopter itu dijadwalkan terbang melintas dari arah timur ke barat lewat Istana Merdeka membawa Bendera Merah Putih raksasa sepanjang 30 meter, dengan berat sekitar 1,5 ton.

Helikopter yang terlibat dalam Nusantara Flight, juga berasal dari beberapa skadron dan matra TNI di antaranya Skadron Udara 6 dan 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor, Puspenerbad, Puspenerbal dari TNI AL, dan Polri.

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, konsep peringatan ke-77 tahun Kemerdekaan Indonesia di Istana adalah menggali sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Sekadar informasi, tahun ini Pemerintah mengusung tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.Tema itu merupakan simbol optimisme dan semangat membangun masa depan sesudah melewati pandemi Covid-19.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
32o
Kurs