Jumat, 3 Februari 2023

Duta Besar RI di Jepang Sampaikan Belasungkawa Mendalam atas Meninggalnya Shinzo Abe

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Foto: KBRI Tokyo

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia atas nama Pemerintah Indonesia menyampaikan belasungkawa mendalam atas meninggalnya Shinzo Abe mantan Perdana Menteri (PM) Jepang pada Jumat, 8 Juli 2022.

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, kami menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Shinzo Abe pada 8 Juli 2022. Abe-san merupakan salah satu negarawan yang dekat dengan Indonesia dan menjadi motor bagi kemitraan strategis dan kuatnya hubungan bilateral Indonesia dan Jepang. Kerja sama yang tidak hanya dilakukan di masa senang, tapi juga terus dilakukan di masa sulit,” ujar Heri.

“Kehilangan yang dirasakan oleh seluruh masyarakat Jepang juga dirasakan oleh Pemerintah dan masyarakat Indonesia. Di masa berkabung ini, kami mengharapkan agar keluarga mantan Perdana Menteri Abe dan seluruh masyarakat Jepang dapat tabah dalam menghadapi musibah ini.” imbuhnya.

Shinzo Abe meninggal dalam peristiwa penembakan di dekat Stasiun Yamatosaidaiji, Kota Nara, Prefektur Nara pada Jumat, 8 Juli 2022, sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Shinzo Abe secara resmi dinyatakan meninggal pada 8 Juli 2022, pukul 17.03 waktu setempat. Pengumuman ini disampaikan oleh Prof. Fukushima Kepala Rumah Sakit Nara Medical University Hospital.

Selama menjabat sebagai PM Jepang, Shinzo Abe merupakan sosok yang dekat dengan Indonesia. Penetapan Kemitraan Strategis Indonesia dan Jepang pada 2006 yang diikuti dengan Indonesia – Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) disepakati di masa pemerintahan PM Shinzo Abe. PM Abe juga salah satu pemimpin dunia pertama yang ditemui oleh Joko Widodo Presiden saat resmi menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia pada 2014

Selain itu, PM Abe juga telah beberapa kali melakukan kunjungan resmi ke Indonesia, baik dalam kapasitas pertemuan bilateral, maupun menghadiri sejumlah pertemuan tingkat tinggi yang diselenggarakan di Indonesia.(faz)

Berita Terkait