Jumat, 19 April 2024

Gema Takbir Iringi Kedatangan Jemaah Salat Iduladha di Masjid Al Akbar Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Para jemaah saf wanita di lantai 1 Masjid Al Akbar Surabaya sesaat sebelum Salat Iduladha, Minggu (10/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sejak sebelum salat subuh, jemaah sudah mulai berdatangan di Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022). Lantunan gema takbir yang bergema sejak semalam, terus mengiringi kedatangan para jemaah.

Jemaah terlihat begitu semangat menyambut Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah yang ditetapkan pemerintah jatuh pada hari ini. Sekitar pukul 05.40 WIB saf salat di lantai 1 Masjid Al Akbar sudah terlihat penuh.

Misalnya, Dinta, jemaah wanita asal Pacet Mojokerto yang mengaku senang bisa kembali melaksanakan salat Id seperti sebelum pandemi.

“Rutin tiap Iduladha selalu salat di sini karena sekalian mudik. Cuma waktu pandemi kemarin tidak,” katanya pada suarasurabaya.net, Minggu (10/7/2022).

Begitu juga dengan Diva, warga Sukodono, Sidoarjo yang rindu pelaksanaan salat Id seperti ini. Tak lupa, ia juga mengajak kedua anaknya.

“Berangkat pukul 05.00 WIB pagi tadi. Tiap tahun memang kalau Iduladha salat di sini. Kemarin waktu pandemi tidak berani, takut diusir karena bukan warga sekitar, karena ketat sekali waktu itu,” kata Diva.

Sesuai imbauan panitia, para jemaah begitu hadir langsung mengambil kantong plastik yang disediakan di tiap tangga menuju ke masing-masing pintu masuk masjid.

Kantong itu digunakan untuk mewadahi alas kaki supaya bisa dibawa ke dalam masjid, agar jemaah tidak berkerumun mencari sandal setelah selesai salat.

Selain puluhan ribu masyarakat yang memenuhi Masjid Al Akbar Surabaya, Salat Id juga dihadiri Emil Elestianto Dardak Plt Gubernur Jawa Timur.

Salat Id selesai sekitar pukul 06.20 WIB kemudian dilanjutkan khutbah bertajuk meraih sukses hidup lewat cermin Nabi Ibrahim, disampaikan oleh Prof Akhmad Muzakki Rektor Uinsa. Setiap kalimatnya, begitu direnungi para jemaah yang hadir.

Diketahui, Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya mengatakan, petugas sudah menyiapkan kapasitas Masjid Al Akbar Surabaya hingga 45 ribu jemaah. Selain di lantai 1 dan 2 dalam masjid, jemaah juga bisa melaksanakan salat di teras-teras masjid.(lta/wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs