Jumat, 29 Maret 2024

Eri Cahyadi: ASN Yang Tinggal di Rusunawa Saya Copot

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Selasa (8/2/2022). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

“ASN yang tinggal di rusunawa kami copot. Wong mereka bukan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), kok, di situ. Itu memang perintah saya,” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya perihal keberadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menghuni rusunawa, Selasa (8/2/2022).

Eri menegaskan, MBR adalah mereka yang tidak punya pekerjaan, yang pekerjaannya atau hasil pekerjaannya tidak bisa menggerakkan ekonomi keluarganya. Hanya cukup untuk makan, sekolah, dan pengeluarannya tidak bisa untuk menutupi kebutuhan itu.

“Nah, ini ada MBR yang tinggal di rusun tapi nyicil mobil. Itu MBR atau tidak? Setelah di cek, ada ASN, ada yang punya mobil,” ujarnya.

Dari hasil pengecekan itu, ternyata ada 87 ASN yang masih menghuni rusun, terdiri dari 65 ASN aktif dan 22 di antaranya pensiunan ASN. Makanya, dia meminta para ASN yang masih menghuni rusun itu untuk segera pindah.

“Namun, kita beri waktu sebulan untuk pindahan. Jadi tidak langsung kami suruh untuk pindah, karena mungkin dia tidak punya tempat,” kata Eri.

Pihaknya akan memberikan waktu satu bulan untuk pindah kontrakan.

“Pegawai negeri ini, kan, sudah makmur. Harusnya bisa bayar kontrakan. Masak ambil jatahnya dulur-dulur kita yang tidak bisa bayar kontrakan. Itu bagaimana?” Tanya Eri.

Tak hanya kepada ASN yang masih aktif, hal itu juga berlaku untuk pensiunan ASN.

“Lha kalau pensiun punya mobil gimana? Ini kalau pensiun tidak punya mobil tidak ada pekerjaan, tapi punya simpanan. Ada lagi yang minta rusun masuk MBR, bilangnya saya tidak punya uang tapi dia masih punya rumah. Bayangkan dengan MBR yang tidak benar-benar punya rumah?” Katanya.

“Jadi, saya bilang kepada teman-teman di pemkot. Sekarang waktunya kita bekerja untuk umat. Bekerja dengan hati. Inilah waktunya kita untuk melakukan pengecekan dan penataan ulang,” kata Eri Cahyadi.(man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs