Selasa, 16 April 2024

Eri Cahyadi Targetkan Tahun 2023 Seluruh Wilayah Surabaya Teraliri PDAM

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam acara Ngobrol Santai (Ngobras), hari ini, Jumat (19/8/2022).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menargetkan, tahun 2023 seluruh wilayah di Kota Surabaya teraliri PDAM. Pasalnya hingga hari ini, masih ada keluhan air PDAM tidak jernih hingga jarang menyala.

Itu disampaikan Eri dalam acara Ngobrol Santai (Ngobras), hari ini, Jumat (19/8/2022). Beberapa warga yang menjadi Kader Surabaya Hebat (KSH) mengeluh berbagai hal mulai dari pendataan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), aplikasi, kesulitan sosialisasi di lapangan, termasuk terkait PDAM.

Salah satunya adalah Widodo, warga Kelurahan Lontar Kecamatan Sambikerep, Surabaya mengeluhkan soal air PDAM yang kurang jernih di wilayah tempat tinggalnya.

“Kenapa ya pak? Akhir – akhir ini air di wilayah kami itu kurang jernih (keruh), sehingga banyak warga yang mengeluh. Sebentar bening, besoknya keruh lagi, mohon solusinya,” tanya Widodo.

Menanggapi itu, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengakui dan merasakan hal yang sama seperti KSH asal Kelurahan Lontar tersebut.

“Ini air PDAM nggih pak? Alhamdulillah griyo kulo nggih kurang jernih,” jawab Cak Eri disambut gelak tawa ribuan KSH lainnya.

Eri juga mengatakan, sudah bertemu dengan Arief Wisnu Cahyono Direktur Utama PDAM Surya Sembada untuk membicarakan rencana di tahun 2023. Yakni memastikan seluruh Kota Surabaya sudah teraliri air PDAM. Sehingga, nantinya wilayah yang belum teraliri air PDAM, khususnya di wilayah barat dipastikan sudah berjalan lancar.

“Jadi bukan hanya di wilayah Lontar, di Benowo dan Pakal itu terladang air PDAM-nya keluar di jam 11 malam. Kadang nggak metu blas (nggak keluar sama sekali),” terangnya.

Menurut Eri, saat ini pihaknya bersama PDAM sedang memetakan wilayah mana saja yang belum teraliri dan terhambat. Itu termasuk upaya percepatan demi mewujudkan target “2023 Semua Terlayani Air” oleh PDAM. Salah satu yang dilakukannya adalah terus memperbanyak program master meter.

Sebelumnya saat Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729 lalu, Eri Cahyadi juga sempat meresmikan tujuh master meter yang tersebar di beberapa titik di Kota Pahlawan. Secara simbolis, Eri meresmikan master meter itu di Jalan Karangan gang 5, Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, pada (30/5/2022) lalu. Peresmian itu sekaligus menandai diresmikannya enam master meter lainnya.

“Matur nuwun nggih pak sudah diinformasikan, kami sedang bekerja keras untuk menyelesaikan masalah air yang kurang jernih ini,” pungkas Cak Eri. (lta)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs