Jumat, 2 Desember 2022

Gempabumi Kediri Magnitudo 3,7 Tidak Berpotensi Tsunami

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Gempabumi dilaporkan mengguncang kawasan Kediri dengan magnitudo 3,7, pada Jumat (26/8/2022) pagi ini, sekitar pukul 04.55 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net menyebut, episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,768° LS; 111,976° BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak sembilan kilometer arah Barat laut Kota Kediri, dengan kedalaman sembilan kilometer juga.

Berdasarkan hasil analisa, gempa yang terjadi termasuk gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar lokal. Gempa dilaporkan terasa di daerah Kediri, Barong dan Nganjuk, dengan getaran ada pada skala II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. BMKG juga menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Selain itu, dari hasil monitoring juga belum menunjukan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Masyarakat di Kota Kediri dan sekitarnya, juga diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan informasi diluar pemberitahuan BMKG. Selain itu, juga bisa memantau informasi lanjutan lewat www.bmkg.go.id. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 2 Desember 2022
26o
Kurs