Jumat, 19 April 2024

Gus Muhaimin Yakin Santri Mampu Menghadapi Tantangan Zaman

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Muhaimin Iskandar Panglima Laskar Santri Indonesia saat berada di area lapangan Tugu Pahlawan Surabaya dalam acara peringatan Hari Santri Nasional, pada Sabtu (22/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Gus Muhaimin Panglima Laskar Santri Indonesia, yakin santri memiliki kekuatan untuk menghadapi tantangan zaman.

Hal itu ia sampaikan saat memberi sambutan dalam peringatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan di area lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (22/10/2022).

“Santri adalah kekuatan kepemimpinan, kita semua yakin dan optimis akan mampu mengisi dan meneruskan seluruh warisan pendahulu untuk berjuang mengubah nasib bangsa,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa laskar santri siap mengabdi untuk negeri dengan memberi solusi terhadap berkembangnya zaman.

Ia juga menyampaikan, meskipun ada ancaman resesi ekonomi dan banyak negara yang akan jatuh, ia menegaskan bahwa Indonesia harus tetap tegak berdiri, yakni dengan menerapkan nilai-nilai yang telah diwariskan para pejuang bangsa.

“Nilai-nilai itu yakni yang kaya berbagi dan yang miskin mendoakan. Sama rata dan adil, untuk bahu membahu dengan satu sama lainnya. Itulah spiritnya agar kita punya daya tahan menghadapi tantangan dan perubahan zaman,” ucap pria yang juga Ketua Umum PKB itu.

Menurutnya, jika ajaran itu diterapkan maka akan ada perubahan yang lebih baik untuk bangsa Indonesia.

“Setelah itu kita mampu merecovery keadaan untuk membangun sebuah sistem baru, yang memiliki sikap keadilan dan tanggung jawab kebersamaan,” ucapnya.

Ia juga menegaskan, santri memiliki sifat saling berbagi dan tidak rakus dalam berbagai hal.

“Begitu pun dengan ekonomi, dinikmati bersama, tidak hanya dinikmati oleh segelintir orang,” tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional itu, dapat menjadi momentum untuk kembali memahami warisan khazanah dan mengatasi tantangan perkembangan zaman.(ris/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs