Senin, 29 April 2024

Hari Ini Beberapa Wilayah Jatim Berpotensi Turun Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk beberapa kota besar.

Seperti dilaporkan Antara mengutip situs BMKG, Senin (12/12/2022), potensi hujan lebat disertai petir diprakirakan terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara , Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau , Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Lalu di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua berpotensi akan diguyur hujan.

Hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi di Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Kota-kota besar juga diprakirakan hujan lebat disertai petir, di antaranya Jambi, Banjarmasin, Tanjung Pinang, Mataram, Pekanbaru dan Padang.

Wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan sedang pada malam hari untuk wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sementara, Jakarta Timur dan Selatan diprediksi hujan turun dengan intensitas ringan pada siang hari, serta Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada malam hari.

BMKG juga prediksi sejumlah provinsi dalam kategori siaga dampak hujan lebat yang menyebabkan banjir, yaitu Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Selain itu, kategori waspada hujan lebat lainnya ada di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. (ant/tik/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs