Minggu, 25 September 2022

Hari Pramuka 2022, Khofifah Sampaikan Pesan Cinta Sesama dan Lingkungan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansan Gubernur Jawa Timur dan Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim berfoto bersama anak-anak pramuka di Gedung Negara Grahadi, Minggu (14/8/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pada momentum Hari Pramuka ke-61 tahun, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar upacara bersama Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi, Minggu (14/8/2022), mulai pukul 08.00 WIB.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim sekaligus pembina acara menyampaikan pesan, Pramuka adalah organsasi yang menanamkan pesan cinta terhadap sesama manusia dan lingkungan alam.

“Pramuka hari ini menunjukkan tentang pengabdian tanpa batas. Pengabdian itu mendorong dan menjadi penguat bagi ketangguhan bangsa,” ucapnya.

Menurut Khofifah, semangat pengabdian Pramuka merupakan potensi kolaborasi yang luar bisa bagi Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, dia mengajak elemen strategis di Jatim untuk memanfaatkan potensi kolaborasi tersebut.

Dalam upacara, ada berbagai rangkaian acara mulai dari penyerahan bendara merah putih secara simbolis kepada Persatuan Perangkat Desa Jatim, Taruna Siaga Bencana Jatim, Tenaga Kesehatan Kecamatan Jatim, Gerakan Pemuda Ansor Jatim, dan Ikatan Pelajar NU Jatim.

Kemudian, ada penandatanganan nota kesepatan pembinaan karakter bangsa antara PMI Indonesia, PMI Jatim, dan Kwarda Gerakan Pramuka Jatim.

“Saya juga turut mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wali Kota di seluruh Jawa Timur yang sudah mendukung gerakan lini bawah Pramuka,” imbuhnya.

Sementara itu, Arum Sabil Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim mengatakan, saat ini terdapat 2,8 juta orang di Jawa Timur yang aktif dalam kegiatan Pramuka.

“Jumlah itu sesuai pendataan sistem Kepramukaan di Jatim. Kalau di Dispendik Jatim jumlahnya justru mencapai lima juta anak,” kata dia.

Upacara Hari Pramuka tahun ini juga dimeriahkan marching band dari SMA Taruna Nala Malang dan paduan suara dari Kwarda Gerakan Pramuka Jatim.

Sesudah supacara, agenda dilanjutkan dengan pemberian 10 juta bendera di Gedung Negara Grahadi oleh Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (wld/des/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Minggu, 25 September 2022
28o
Kurs