Jumat, 19 April 2024

Hasil Investigasi Sementara Tim Labfor Nyatakan Kebakaran di TP 5 Bersumber dari Gedung Bioskop

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tim Labfor Polda Jatim, melakukan identifikasi penyebab kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 5, Kamis (14/4/2022). Foto: Manda suarasurabaya.net

Sampai saat ini Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur masih terus melakukan investigasi dan penelurusan sumber kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 5 pada Rabu (13/4/2022) petang kemarin.

Berdasarkan hasil investigasi sementara Tim Labfor Polda Jatim yang dilakukan di Mal Tunjungan Plaza hari ini, Kamis (14/4/2022) mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, muncul dugaan bahwa kebakaran bersumber dari bagian luar teras sekitar plafon bioskop di lantai sepuluh.

“Ada empat lokasi yang terbakar, yaitu lantai 4, 5, 10 dan 11. Kemudian setelah ditelusuri, kami menemukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10,” kata Kombes Pol Sodiq Pratomo Kepala Bidang Laboratorium Forensik Polda Jatim, Kamis.

“Barang bukti yang kami bawa sisa abu kebakaran, ada kabel, dan ada bekas lampu,” imbuhnya.

Sodiq Pratomo menyatakan investigasi saat ini masih terus dalam proses sinkroninasi temuan di lapangan, temuan barang bukti, keterangan saksi, dan gambar gedung teknis dari Tunjungan Plaza.

“Sampai saat ini kita belum bisa menyampaikan penyebabnya apa. Karena masih dalam proses pemeriksaan laboratorium. Mudah-mudahan 3-4 hari ke depan, bisa menghasilkan,” ujarnya.

Sementara itu, sebelum hasil sementara Tim Labfor Polda Jatim yang dirilis hari ini, ada dua versi dugaan awal penyebab kebakaran yang disampaikan Pemkot Surabaya dan pengelola Tunjungan Plaza, sesaat setelah kebakaran terjadi kemarin petang.

Dedik Irianto Kepala Dinas PMK Surabaya kemarin malam menyebut, asap paling pekat ditemukan di tempat permainan anak-anak yang berada di TP 5 lantai empat dan kompor salah satu resto yang belum mati.

“Ini api pokok padam, tapi kok asap nggak berhenti-berhenti. Akhirnya kita kejar terus ini sumbernya dimana. Sampe akhirnya ketemu lah di tempat permainan anak-anak TP 5 lantai empat,” terang Dedik Irianto yang ditemui usai melakukan penyisiran di dalam Tunjungan Plaza, Rabu (13/4/2022) malam.

Sementara itu, Sutandi Purnomosidi Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola Tunjungan Plaza secara terpisah pada suarasurabaya.net, Kamis (14/4/2022) dini hari menjelaskan, sumber api diperkirakan berasal dari lantai 12.

“Jadi informasinya sumber api di perkirakan berasal dari short circuit chiller di lantai 12 dan api menjalar ke bawah dari ACP, facade building,” terangnya.(tha/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs