Kamis, 25 April 2024

Hunian Sementara Pengungsi Semeru Siap Ditempati Saat Lebaran

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat mendampingi Ma'ruf Amin Wapres RI kunjungan di kawasan relokasi bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (14/1/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur memastikan hunian sementara (huntara) bagi korban erupsi Gunung Semeru bisa ditempati saat Lebaran tahun 2022 nanti. Sudah ada satu unit rumah contoh huntara yang akan menjadi acuan untuk standar pembangunan selanjutnya.

“InsyaAllah, satu setengah bulan ke depan huntara ini selesai dan Lebaran bisa ditempati,” ujar Khofifah saat mendampingi Maruf Amin Wakil Presiden meninjau huntara di kawasan relokasi warga terdampak awan panas dan guguran Semeru di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Izin Penggunaan Lahan Diteken, Hunian Relokasi Warga Terdampak APG Semeru Segera Dibangun

Khofifah menerangkan, saat ini pembangunan Huntara bagi pengungsi APG Gunung Semeru, Lumajang terus dikebut. Infrastruktur air dan instalasi listrik tengah disiapkan bersamaan dengan pembangunan hunian tetap.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, total lahan yang tersedia untuk hunian sementara itu seluas 81 hektar. Seluruhnya merupakan milik Perhutani. Dari jumlah luasan itu, rencananya akan berdiri 2.000 unit hunian sementara di tahap pertama.

“Huntara yang akan ditempati 1.951 KK dari Desa Sumber Mujur ini berukuran 10×14 dengan luas bangunan 6×4,8 meter. Terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, serta fasilitas penunjang lainnya,” ujarnya.

Di lokasi Huntara itu, kata Khofifah, juga akan berdiri sejumlah fasilitas umum. Di antaranya masjid, kandang terpadu, TPQ, madrasah, sekolah, balai pertemuan, fasilitas ekonomi, tempat pemakaman umum, dan lain sebagainya.

Dalam kunjungan itu, Khofifah secara khusus memberi pujian kepada Pemkab Lumajang, juga para relawan dan TNI yang begitu cepat membangun huntara. Mulai dari proses land clearing atau pembersihan lahan tahap I dan II serta pemadatan tanah.

Baca juga: Dua Warga Terjebak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Sementara Ma’ruf Amin Wapres mengatakan, relokasi warga terdampak Gunung Semeru akan membuat mereka tidak khawatir lagi bila terjadi erupsi.

“Saya lihat huntara cukup baik berkat kerja keras dan koordinasi Gubernur Jatim bersama Bupati serta seluruh Kementerian berjuang untuk bisa memindahkan bapak ibu ke tempat yang lebih layak. InsyaAllah jauh lebih baik,” kata Wapres.(dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs