Kamis, 18 April 2024

Israel dan Turki Kembali Jalin Hubungan Diplomatik Penuh

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Israel dan Turki pulihkan kembali hubungan diplomatik secara penuh. Foto: Antara

Israel dan Turki sepakat memulihkan kembali hubungan diplomatik secara penuh dan akan saling mengembalikan duta besar serta konsul jenderal ke posnya masing-masing, kata Yair Lapid, Perdana Menteri Israel, Rabu (17/8/2020).

“Menjalin kembali hubungan dengan Turki adalah aset penting bagi stabilitas kawasan dan kabar ekonomi yang sangat penting bagi warga Israel,” kata Lapid, seperti yang dikutip Antara, Kamis (18/8/2022).

Menurut pernyataan dari Kantor Perdana Mentri (PM) Israel, langkah tersebut disepakati pada Selasa (16/8/2022) malam waktu setempat, antara Alon Ushpiz Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel dan Sedat Onal Wakil Menteri Luar Negeri Turki.

“Meningkatkan hubungan akan berkontribusi untuk memperdalam hubungan antara kedua bangsa, memperluas hubungan ekonomi, perdagangan dan budaya, serta memperkuat stabilitas kawasan,” lanjut pernyataan tersebut.

Langkah itu dilakukan setelah adanya peningkatan yang stabil dalam hubungan Israel-Turki beberapa bulan terakhir, termasuk panggilan telepon Lapid dengan Recep Tayyip Erdogan, Presiden Turki pada Juli dan kunjungan Isaac Herzog Presiden Israel ke Turki pada Maret.

Sebagai informasi, Israel dan Turki meresmikan hubungan mereka pada 1949, tetapi hubungan itu sempat menegang pada 2010 setelah serangan mematikan Israel terhadap armada pimpinan Turki yang berlayar ke Jalur Gaza dan terkepung.

Penyebab lain merenggangnya hubungan tersebut, karena pada tahun 2018, terjadi pembunuhan pada 60 warga Palestina yang dilakukan pasukan Israel. (ant/des/rs)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
28o
Kurs