Sabtu, 20 April 2024

Jasa Marga Targetkan Equity Fundraising Melalui PT Jasamarga Transjawa Tol

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Jalan Tol. Foto: Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk merencanakan program equity fundraising melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT). Rencana ini merupakan salah satu inovasi pendanaan berbasis ekuitas untuk memperkuat fundamental keuangan dan sustainability Perseroan ke depannya.

Subakti Syukur Direktur Utama Jasa Marga menjelaskan, program equity fundraising ini adalah salah satu inisiatif strategis Perseroan yang telah dipersiapkan sejak tahun 2020 dan tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan. Inisiatif strategis ini dikarenakan prospek bangkitan lalu lintas serta pertumbuhan ekonomi dan jaringan jalan di sepanjang koridor Jalan Tol Trans Jawa yang sangat baik dalam jangka panjang.

“Lokasi jalan tol yang terletak di pulau dengan populasi penduduk terpadat di Indonesia ini, terkoneksi dengan area-area yang strategis di antaranya bandar udara, pelabuhan, area industri hingga lokasi pariwisata yang secara tidak langsung telah menjadi penggerak perekonomian di Pulau Jawa,” ujar Subakti dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (27/10/2022).

Reza Febriano Direktur Bisnis Jasa Marga menambahkan, PT JTT mengelola jalan tol dengan total panjang 676 Km yang merupakan 57 persen dari total panjang Jalan Tol Trans Jawa secara keseluruhan (1.184 Km).

“Jasa Marga optimis tindak lanjut rencana Perseroan  melalui equity fundraising PT JTT ini, untuk mendapatkan pendanaan baru berbasis ekuitas, juga berjalan lancar. Dengan prospek pertumbuhan yang baik, maka diharapkan Jalan Tol Trans Jawa, dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi seluruh stakeholder” tambah Reza.

Sementara Ade Wahyu Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko menjelaskan, saat ini tengah dilakukan persiapan untuk program equity fundraising yang rencananya akan dilakukan pada Semester 1 Tahun 2023.

“Perlu dilakukan pengenalan kepada publik dan calon investor seperti institusi manajemen investasi, dana pensiun dan perusahaan pengelola jalan tol. Kami optimis produk ini sangat bagus dan dapat diterima dengan baik oleh pasar,” imbuh Ade.

Kartika Wirjoatmodjo Wakil Menteri BUMN II menyebut “Ini merupakan inovasi keuangan yang dapat memberikan ruang bagi Jasa Marga untuk tetap tumbuh dan menjaga kinerja positif Perseroan kedepan,” ujar Tiko, sapaan akrabnya.

Dengan dikelola oleh PT JTT, pengelolaan ruas Jalan Tol Trans Jawa diharapkan dapat lebih optimal, dengan pengoperasian yang lebih efektif dan efisien sehingga juga dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan kepada para pengguna jalan tol.(gat)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs