Senin, 6 Mei 2024

Jelang KTT G20, Pengamanan PLTU Paiton Semakin Ketat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Apel pengamanan Brimob Polda Jatim dan Polres Probolinggo di PLTU Paiton Probolinggo. Foto: Polres Probolinggo

Brimob Polda Jawa Timur bersama Polres Probolinggo memperketat pengamanan objek vital PLTU Paiton menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

“Pengamanan objek vital nasional makin diperketat. Bukan hanya personel Polres Probolinggo, melainkan Satuan Brimob untuk ikut pengamanan,” ujar AKBP Teuku Arsya Khadafi Kapolres Probolinggo dalam keterangan yang diterima di Probolinggo dikutip dari Antara, Senin(14/11/2022).

Menurutnya, konferensi yang diikuti oleh petinggi mancanegara itu menjadi perhatian serius. Segala upaya dilakukan oleh pemerintah pusat sampai daerah untuk menyukseskan KTT G20.

“Sarana dan prasarana serta persiapan harus dilakukan dengan matang. Begitu pula dengan sistem keamanan pada objek vital nasional, salah satunya adalah PLTU Paiton sebagai pemasok listrik di Pulau Bali,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa PLTU Paiton berada di wilayah hukum Polres Probolinggo sehingga keamanan objek vital nasional tersebut harus terjamin.

Untuk itu, Satuan Brimob Polda Jatim diterjunkan untuk ikut mengamankan dan meminimalkan potensi gangguan keamanan di PLTU Paiton Probolinggo.

“Satuan Brimob Polda Jatim sudah bergabung untuk pengamanan di PLTU Paiton sejak Sabtu (12/11). Tercatat ada 11 personel yang sudah bersiaga bersama dengan anggota Polres Probolinggo,” ujarnya.

Selain itu, patroli perairan oleh Satuan Polisi Perairan Polres Probolinggo juga dioptimalkan dengan berpatroli di sekitar PLTU Paiton.

“Kawasan PLTU akan dijaga ketat dan tidak sembarang orang yang tidak berkepentingan boleh masuk ke lokasi tersebut,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa personel yang berjaga melakukan patroli secara rutin guna memastikan lokasi objek vital nasional tetap aman dari gangguan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sejauh ini, situasi aman dan terkendali. Dalam hal ini pihaknya absolut mendukung dan menyukseskan KTT G20 di Bali.

“Semoga acara dapat berjalan dengan lancar dan aman,” ujarnya.(ant/red/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs