Jumat, 3 Februari 2023

Sejumlah Pimpinan Dunia Tiba di Bali dalam Rangka KTT G20

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Joe Biden Presiden Amerika Serikat tiba di Bali dalam rangka KTT G20. Foto: Sekretariat Kabinet

Sejumlah pimpinan dunia sudah tiba di Bali untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sejak Minggu (13/11/2022) malam.

Hingga Senin (14/11/2022), melansir situs Sekretariat Kabinet, sejumlah kepala negara yang telah menginjakkan kakinya di Pulau Dewata yaitu Joe Biden Presiden Amerika Serikat tiba di Bali Minggu malam sekitar pukul 21.46 WITA, dengan menggunakan pesawat Air Force One.

Selepas turun dari pesawat, Biden disambut tarian khas Bali. Dia kemudian berjalan menuju rangkaian kendaraan yang telah disiapkan dan langsung meninggalkan bandara.

Sebelum kedatangan Biden, Sergey Lavrov Menteri Luar Negeri Rusia lebih dulu tiba di Bali, Minggu malam sekitar pukul 19.04 WITA dengan menumpang pesawat Rossiya Airlines.

Kedatangannya untuk mewakili Vladimir Putin Presiden Rusia yang tidak bisa hadir langsung mengikuti KTT G20 pada 15-16 November mendatang.

Sergey turun dari pesawat sekitar pukul 19.20 WITA dan langsung menaiki kendaraan jenis sedan yang dikawal pasukan pengamanan bersepeda motor di sisi kiri dan kanan kendaraan.

Kemudian, di hari yang sama Yoon Suk-yeol Presiden Korea Selatan bersama istrinya Kim Keon Hee juga telah tiba di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu malam.

Begitu juga Fumio Kishida Perdana Menteri Jepang dan istrinya Yuko Kishida sudah tiba di Bali pada Senin dini hari.

Sebelumnya, pada hari Minggu, sejumlah delegasi KTT G20 hadir di Bali, di antaranya Marcelo Ebrard Casaubon Menteri Luar Negeri Mexico, Ursula von der Leyen Presiden Komisi Eropa.

Kemudian, Ratu Inoke Kubuabola Utusan Khusus Perdana Menteri Fiji, Klaus Schwab Executive Chairman The World Economic Forum, Gilbert Houngbo Director General International Labour Organization, serta Muhammad Al Jaser Chairman Islamic Development Bank.(dfn/rid)

Berita Terkait