Kamis, 25 April 2024

Jokowi Konfirmasi Kehadiran 17 Kepala Negara di KTT G20

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Joko Widodo Presiden Republik Indonesia saat menghadiri KTT ASEAN di Kamboja, Minggu (13/11/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden Republik Indonesia menyatakan telah menerima laporan bahwa sebanyak 17 kepala negara mengkonfirmasi akan menghadiri KTT G20 Indonesia di Bali, setelah mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (13/11/2022) malam, usai melakukan lawatan dari Kamboja sejak 9-13 November 2022 untuk menghadiri KTT ASEAN.

“Persiapan KTT G20, saya sudah mendapat laporan semua sudah siap, 17 kepala negara hadir. Ini menggembirakan di masa yang sangat sulit sekarang ini,” tuturnya yang diterima Antara saat tiba di Bali, Minggu (13/11/2022).

Joko Widodo mengatakan Indonesia akan memperjuangkan perdamaian dunia dan menjadi bagian dari solusi perubahan iklim dan pemulihan ekonomi.

Dalam kesempatan itu pula, saat Presiden RI menerima Keketuaan ASEAN di Kamboja, ia menyampaikan bahwa ASEAN harus semakin kuat sebagai episentrum pertumbuhan dunia dan menekankan kerja sama ekonomi harus diperkuat agar ASEAN semakin maju.

Joko Widodo, didampingi oleh Iriana Joko Widodo tiba di Apron Bandara pada sekitar pukul 20.15 WITA dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia Satu.

Saat turun dari pesawat, Presiden disambut oleh Wayan Koster Gubernur Bali, Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Budi Gunawan Kepala Badan Intelijen Negara Republik Indonesia.

Sebagai informasi, selama di Bali, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri serangkaian kegiatan Presidensi G20 dengan puncak perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022.

G20 merupakan platform multilateral strategis yang menghubungkan sejumlah negara dengan perekonomian besar di dunia yang dimulai sejak 1999.

Presidensi G20 ke-17 ini, Indonesia mengangkat tema “Recover Together Recover Stronger” dan mengangkat tiga isu prioritas, yaitu arsitektur kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs