Senin, 27 Mei 2024

Jokowi Perintahkan Kementerian PUPR untuk Audit Stadion di Seluruh Liga

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jokowi Presiden didampingi Kapolri, Gubernur Jatim serta beberapa pejabat negara di RSSA Malang, Rabu (5/10/2022). Foto: Istimewa

Joko Widodo Presiden RI memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan audit seluruh stadion di Liga 1, 2, bahkan 3.

“Mulai dari fasilitas stadion, akses dari pintu gerbang, kondisi tribun dan lampu. Kemudian manajemen pertandingan, manajemen lapangan, manajemen pengelolaan stadioan, semuanya harus kita audit total,” ujar Jokowi saat berada di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), Rabu (5/10/2022).

Melalui perintah audit tersebut, orang nomor satu di Indonensia ini tidak ingin insiden di Kanjuruhan terulang kembali dalam kancah sepak bola Indonesia.

Kemudian dalam upaya memperbaiki kualitas sepak bola dalam negeri, Jokowi juga telah berkomunikasi dengan Giani Infatino Presiden FIFA. Dalam pesan tersebut Giani menyatakan bersedia untuk membantu Indonesia.

“FIFA siap untuk membantu tata kelola sepak bola Indonesia,” ucap Jokowi.

Tidak hanya itu, Presiden juga meminta kepada Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk gerak cepat dalam mengusut tragedi Kanjuruhan.

“Maksimal batas waktunya memang satu bulan, tapi saya minta secepat mungkin,” tegas Jokowi.

Karena tragedi Kanjuruhan ini telah menelan ratusan korban jiwa, Presiden tidak ingin kasus ini ditutup-tutupi. Dia meminta semua harus transparan dan adil.

“Tidak ada yang ditutup-tutupi. Yang salah juga diberikan sanksi, kalau masuk ke pidana harus diadili,” pungkas Jokowi. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
31o
Kurs