Kamis, 8 Desember 2022

Berkunjung ke Malang, Jokowi Minta Tragedi Kanjuruhan Diusut Tuntas

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat menjenguk korban di RSUD Saiful Anwar, Rabu (5/10/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden RI meminta tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur (Jatim), untuk diusut tuntas. Hal tersebut disampaikannya saat hadir langsung mengunjungi para korban yang masih bertahan di RSUD Saiful Anwar (RSSA), Malang, pada Rabu (5/10/2022).

“Tim pencari fakta independen sudah dibentuk. Karena harus usut tuntas, tidak ada yang ditutup-tutupi. Yang salah juga diberikan sanksi, kalau masuk ke pidana juga sama dipidanakan,” tegas Jokowi di RSSA.

Menurut Jokowi, insiden Kanjuruhan ini semua sudah terlihat jelas. Oleh karena itu ia minta Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) bisa mengungkap secepat mungkin.

Presiden RI itu juga minta untuk dilakukan audit total seluruh isi stadion di semua Liga 1, 2, dan 3. Dirinya tidak ingin insiden ini terjadi untuk kedua kalinya, oleh karena itu kelayakan fasilitas menjadi sorotan penting.

“Apakah lebar gerbangnya sesuai dengan standar, apakah menejemennya memegang kendali dengan benar,” ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menceritakan kalau dia baru saja menghubungi Giani Infatino Presiden FIFA. Dalam pesan itu Jokowi membeberkan kesediaan FIFA untuk membantu Indonesia dalam peningkatan kualitas sepak bola.

“Kalau diperlukan, FIFA siap untuk membantu memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia,” tutur Jokowi. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
26o
Kurs