Kamis, 25 April 2024

Jokowi Presiden dan Ibu Iriana Tiba di Kyiv dengan Kereta Luar Biasa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50 waktu setempat, Rabu (29/6/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Kereta Luar Biasa (KLB) yang membawa Joko Widodo Presiden dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina, sekitar pukul 08.50 waktu setempat, Rabu (29/6/2022).

Seperti dilaporkan Antara, total lama perjalanan yang ditempuh Jokowi Presiden dan rombongan adalah sekitar 11 jam, yaitu sejak Selasa (28/6/2022) sekitar pukul 21.15 waktu setempat.

Setelah pintu gerbong kereta terbuka, Presiden dan Ibu Iriana turun dari kereta disambut oleh Dmytro Senik Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina, Taras Kachka Kepala Komisi Hubungan Antar-Pemerintah Ukraina-Indonesia dan pejabat KBRI Kyiv.

Rombongan Joko Widodo Presiden disambut oleh Dmytro Senik Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina, Taras Kachka Kepala Komisi Hubungan Antar-Pemerintah Ukraina-Indonesia dan pejabat KBRI Kyiv pada Rabu (29/6/2022).Foto: Biro Pers Setpres

Pada hari keempat agenda kunjungan kerja ke luar negeri tersebut, Presiden dan Ibu Iriana akan berada di Ukraina untuk melakukan sejumlah kegiatan.

Kegiatan pertama adalah mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin. Kemudian Jokowi Presiden dan Ibu Iriana juga diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv.

Pada siang harinya, Jokowi akan ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina.

Sementara pada sore hari, Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan terbatas akan kembali ke Stasiun Central Kyiv, untuk kemudian bertolak menuju ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan KLB.

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dalam keterangannya di Munich, Senin (27/6/2022) mengatakan, Jokowi Presiden berangkat ke Ukraina melalui Polandia.

Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia.

“Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri,” tutur Retno.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, ialah Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dan Pramono Anung Sekretaris Kabinet. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs