Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara Tiba di Tanah Air Usai Lawatan ke Empat Negara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (2/7/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden Ibu Iriana Ibu Negara beserta rombongan, pagi hari ini, Sabtu (2/7/2022), tiba di Indonesia usai melakukan kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab selama sepekan.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Kepala Negara dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 06.25 WIB, setelah menempuh perjalanan delapan jam dari Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kedatangan Presiden RI disambut Ma’ruf Amin Wakil Presiden, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, dan Almuktabar Penjabat Gubernur Banten.

Selama di Jerman, Jokowi menghadiri KTT G7 sebagai negara mitra sekaligus pemegang presidensi G20. Selain itu, Presiden Indonesia juga melakukan sejumlah pertemuan bilateral, antara lain dengan Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri (PM) India, PM Kanada, dan PM Inggris.

“Selain membahas isu penguatan kerja sama bilateral, isu terkait perang di Ukraina dan dampaknya terhadap rantai pasok pangan dunia dibahas hampir di semua pertemuan bilateral tersebut. Di dalam pertemuan-pertemuan bilateral tersebut, Presiden kembali menekankan bahwa waktu kita tidak panjang untuk menyelesaikan gangguan rantai pasok pangan yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga pangan dan pupuk,” ujar Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dalam keterangannya di Munich, Jerman, Senin (27/6/2022).

Dari Jerman, Presiden melakukan lawatan dengan misi perdamaian ke Ukraina melalui Polandia. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana meninjau reruntuhan gedung terdampak perang di Kota Irpin, lalu menyerahkan bantuan kemanusiaan di salah satu rumah sakit di Kiev.

Kemudian, Presiden RI melakukan pertemuan bilateral dengan Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina, di Istana Maryinsky, Kiev.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina dan menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Dari Ukraina, Jokowi menuju Moskow, Rusia, dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Di situ, Presiden Indonesia menyatakan kesiapannya menjadi jembatan komunikasi antara Rusia dengan Ukraina, dan meminta jaminan keamanan Rusia bagi jalur ekspor pangan Ukraina.

Setelah itu, Presiden melakukan lawatan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, bertemu dengan sejumlah pengusaha dan investor.

Jokowi juga melakukan pertemuan dengan Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan Presiden Emirat Arab, dan menyaksikan pertukaran dokumen IUAE-CEPA (Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement) yang telah disepakati kedua negara, Jumat (1/7/2022), di Istana Al Shatie, Abu Dhabi.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs