Kamis, 25 April 2024

Jokowi Presiden Minta Bantuan Tony Blair Mempromosikan IKN ke Dunia Internasional

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyambut kedatangan Tony Blair mantan PM Inggris di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (19/10/2022), dalam rangka membahas rencana pembangunan IKN. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (19/10/2022) menerima Tony Blair Dewan Penasihat Ibu Kota Nusantara (IKN), di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam pertemuan tertutup yang berlangsung sekitar satu jam, Presiden didampingi Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves), serta Pratikno Menteri Sekretaris Negara.

Sesudah pertemuan, Menko Marinves mengatakan Presiden dan mantan Perdana Menteri Inggris tersebut membahas perencanaan pemindahan ibu kota baru.

Jokowi, kata Luhut, secara khusus meminta Tony Blair membantu mempromosikan IKN yang ada di Kalimantan Timur, ke dunia internasional.

“Presiden minta Tony Blair membantu promosikan ibu kota baru ini ke internasional, dan Tony Blair kebetulan menawarkan diri juga untuk melakukan itu,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Tony Blair menyampaikan sejumlah pemikiran terkait strategi promosi yang bisa dilakukan Pemerintah Indonesia.

Antara lain, mempromosikan IKN ke Uni Emirat Arab, dan Republik Rakyat Tiongkok, serta mengajak perusahaan kawasan Asia untuk berinvestasi di IKN.

“Tadi pikiran dari Pak Tony Blair, pengusaha dari Uni Emirat Arab dengan Tiongkok. Kemudian tadi Saudi dengan Korea itu joint company,” paparnya.

Menurut Luhut, nantinya perusahaan dari Indonesia juga bisa berkontribusi dalam proses pembangunan IKN dengan cara menanamkan modalnya.

“Perusahaan dari Indonesia nanti bahu-membahu dalam membangun IKN. Karena pembangunan kan bukan hanya gedungnya saja, tetapi seperti Presiden sampaikan, termasuk juga rohnya,” tandasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs