Jumat, 29 Maret 2024

Jumlah Kurban di Masjid Turun, Pemkot Surabaya Bagi-Bagi Sapi dan Kambing

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Salah satu sapi dari Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, Minggu (10/7/2022). Foto: Dinas Kominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyalurkan 59 ekor hewan kurban ke berbagai masjid di Surabaya. Pasalnya pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, tepatnta Minggu (10/7/2022) ini, jumlah hewan di tiap masjid rata-rata menurun dari pada sebelum pandemi.

Total 59 hewan kurban, terdiri dari 45 ekor sapi dan 14 ekor kambing tersebut, tidak disembelih di Masjid Al-Muhajirin yang berada di lingkungan Pemkot Surabaya. Melainkan disebar ke masjid-masjid yang membutuhkan.

“Karena setelah kita lihat, banyak di masjid itu, ada satu masjid yang cuma ada satu kambing, dua kambing, menurun dari sebelum pandemi,” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya usai menunaikan Salat Idul Adha di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Minggu (10/7/2022).

Oleh sebab itu, lanjut Eri, sesuai kesepakatan seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Surabaya, hewan kurban itu dibagikan ke masjid-masjid.

“Hewan kurban itu dikirim ke masjid-masjid yang membutuhkan, sesuai dengan permohonan yang masuk,” imbuh Eri.

Selain itu, Eri Cahyadi juga mengimbau masyarakat agar tidak membagikan daging hewan kurban menggunakan kantong plastik. Tetapi mengganti dengan penggunaan besek atau daun. Menurutnya, itu lebih ramah lingkungan.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran pengurangan plastik. Kami harapkan seluruh warga Surabaya menggunakan besek atau daun dan tidak menggunakan plastik,” pesan Eri.

Terkait dengan limbah hewan kurban atau rumen, Eri Cahyadi berpesan agar warga tidak membuangnya ke saluran atau sungai. Sembari memastikan, jajaran Pemkot Surabaya akan berkeliling ke masjid-masjid untuk kembali mengingatkan.

“Kita sampaikan (limbah) jangan langsung dibuang ke saluran atau sungai. Ayo dijaga lingkungannya Kota Surabaya, karena yang bisa menjaga warga Surabaya sendiri,” pungkasnya. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs