Jumat, 19 April 2024

Kasus DBD di Jatim Melonjak, 17 Orang Meninggal

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Petugas melakukan pengasapan di wilayah Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur untuk membasmi nyamuk aedes aegypti sebagai vektor virus demam berdarah. Foto: Diskominfo Kota Madiun

Dinas Kesehatan Jawa Timur mencatat kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayah setempat selama periode tiga pekan Januari 2022 mengalami lonjakan.

“Selama 1-24 Januari 2022 tercatat ada 977 orang yang terkena DBD,” ujar dr. Erwin Astha Triyonno Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur di Surabaya, Rabu (26/1/2022).

Ia menjelaskan kasus terbanyak tercatat di Bojonegoro dengan 112 orang terjangkit, disusul Nganjuk 72 orang, Malang 66 orang, Ponorogo dan Sidoarjo masing-masing 53 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 orang meninggal dunia, antara lain di Kabupaten Pamekasan tiga orang, Kabupaten Bojonegoro dua orang, Kabupaten Nganjuk dua orang, Kabupaten Bangkalan satu orang, dan Kabupaten Kediri satu orang.

Dengan adanya lonjakan kasus tersebut, Erwin mengajak masyarakat agar tidak melupakan bahaya DBD, kendati sekarang fokus pada COVID-19, varian omicron.

Menurut dia, langkah preventif dan promotif jauh lebih efektif terkait dengan penanganan DBD.

Selain itu, edukasi menjadi pilihan terbaik karena demam berdarah tidak lepas dari faktor utama, yakni nyamuk.

Sehingga ke depan, menurut dia, edukasi ke masyarakat terkait 3M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas, menjadi kunci terbaik.

“Dimaksimalkan juga penggunaan pengasapan atau abate, tapi sesuai indikasi. Indikasi terbaik pengasapan adalah ketika ada pasien di situ,” katanya seperti yang dilansir Antara.

“Pengasapan untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa, sedangkan abate untuk jentik-jentiknya,” ujar dr. Erwin.

Sementara itu, sebanyak 31 kasus yang terkonfirmasi DBD di Kota Surabaya selama Januari 2022, mayoritas menyerang anak usia 5-14 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan mengingat cepatnya perubahan kondisi klinis pasien DBD maka diharapkan masyarakat segera melakukan pemeriksaan laboratorium rutin terhadap kasus demam lebih dari tiga hari.

“Tentunya dengan gejala yang mengarah ke infeksi dengue, seperti nyeri kepala, mual, nyeri otot, nyeri di belakang bola mata dan adanya bercak kemerahan di kulit,” tutur dia.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs