Rabu, 24 April 2024

Kemendag Himpun Bantuan Rp2,5 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan seusai meninjau pengungsian warga terdampak gempa di Kampung Cikamuning, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022). Foto: Antara

Kementerian Perdagangan berhasil menghimpun bantuan senilai Rp2,5 miliar dari sejumlah pihak untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Total sudah kami kumpulkan Rp2,5 miliar ditambah Rp500 juta makanan. Itu dari teman-teman Kementerian Perdagangan,” kata Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) seusai meninjau pengungsian warga terdampak gempa di Kampung Cikamuning, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022).

Melansir Antara, dalam kunjungan tersebut, Mendag secara simbolis memberikan bantuan dana sebesar Rp130 juta kepada 60 kepala keluarga (KK) di Kampung Cikamuning.

“Tadi kami serahkan Rp130 juta secara sombolis, (bantuan) diserahkan besok kalau sekarang takutnya malah riweuh. Jadi sudah secara simbolis kami kasih, nanti bisa diserahkan oleh teman-teman di sini kepada masing-masing warga yang membutuhkan,” kata dia.

Menurut dia, saat ini ada sejumlah bantuan yang dibutuhkan oleh pengungsi di antaranya makanan, selimut, hingga pakaian.

“Hari-hari ini butuh makanan, selimut dan sudah kami bantu sebagian. Ada beras, kornet, gula, obat-obatan, ada baju dalam, ada pakaian wanita,” kata dia.

Mendag meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Cianjur, sekaligus menyerahkan bantuan kepada para pengungsi, Minggu (27/11/2022).

Lokasi pertama yang didatangi oleh Mendag ialah pengungsian di Kampung Cikamuning, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Setibanya di Kampung Cikamuning, Zulkifli Hasan langsung menyapa warga terdampak gempa dan dia berdialog dengan warga.

“Rumah ibu rusak berat ya. Butuh berapa biaya buat perbaikannya,” kata Zulkifli kepada seorang ibu.

Mendag menyarankan agar warga tersebut melaporkan kerusakan rumahnya kepada RT/RW setempat.(ant/gat/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs