Jumat, 29 Maret 2024

Kemendikbudristek dan Twitter Tanda Tangani Nota Kesepahaman Program Literasi Medsos

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
suharti-sekjen-kemendikbudristek Suharti Sekjen Kemendikbudristek. Foto: Antara

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) bersama Twitter menandatangani nota kesepahaman program pendidikan literasi media sosial bagi pelajar dan tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk lima tahun ke depan pada 2022 sampai dengan 2027.

Dikembangkan bersama oleh Twitter dan Kemendikbudristek, program ini akan berfokus pada keterampilan literasi media generasi muda untuk membantu warga sekolah berpikir dan menganalisis secara kritis berbagai konten dan informasi daring yang ditemukan, sesuai dengan pedoman dalam melakukan aktivitas di media sosial.

Hal ini disampaikan Suharti Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, dalam keterangannya, Senin (29/8/2022).

Dia mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020, dalam empat tahun terakhir, persentase siswa berusia 5–24 tahun di Indonesia yang memiliki akses internet meningkat tajam dari 33,98% menjadi 59,3%.

“Lebih dari seperempat pengguna internet (25,5%) adalah anak-anak dan remaja,” ujar Suharti.

Untuk mewujudkan penggunaan media sosial yang bijak, lanjut Suharti, kemitraan dengan pemangku kepentingan diperlukan dalam upaya pendidikan literasi media berskala nasional yang berkelanjutan bagi pengguna pemula media sosial.

“Meskipun literasi digital di Indonesia sudah baik, kami menyadari bahwa ruang daring berkembang sangat cepat dan upaya kami tidak berhenti di situ. Upaya kami untuk membangun lingkungan digital yang aman dan mempertahankan nilai-nilai ‘Profil Pelajar Pancasila’ terus berlanjut,” ungkap Suharti

Suharti mengatakan program ini nantinya akan disertai dengan beragam kampanye dan aktivitas interaktif.

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan mitra terpercaya seperti Twitter dalam upaya berkelanjutan kami untuk menyusun program literasi digital yang tepat guna bagi pelajar dan tenaga pengajar SMP di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Monrawee Ampolpittayanant Kepala Kebijakan Publik, Pemerintah, dan Filantropi Asia Tenggara, Twitter, menjelaskan sejak 24 Juni 2021, Twitter telah mendukung aktivitas perencanaan dan kreasi konten Kemendikbudristek terkait pedoman penggunaan media sosial dan manajemen komunikasi publik dalam bidang pendidikan melalui pemanfaatan berbagai fitur terbaru Twitter.

Bersama Kemendikbudristek, lanjutnya, Twitter telah menjalankan berbagai upaya dalam menciptakan sumber daya dan program latihan untuk membantu meningkatkan literasi digital pelajar SMP di Indonesia.

Upaya tersebut meliputi pembelajaran tentang cara menggunakan fitur-fitur Twitter yang relevan untuk mengatasi perundungan di ranah digital serta mempromosikan kesadaran terhadap kesehatan mental, kekerasan berbasis gender secara daring, etiket atau tata cara penggunaan media sosial dan cara mengevaluasi informasi daring untuk mendukung literasi pelajar.

“Banyak orang Indonesia datang ke Twitter untuk mencari dan berbagi informasi, serta berdiskusi tentang berbagai hal sesuai dengan minat dan ketertarikan mereka. Kami berharap kemitraan literasi digital selama lima tahun dengan Kemendikbudristek ini akan membawa dampak nyata bagi pelajar SMP di Indonesia dengan membantu mereka menavigasi ranah media sosial yang semakin kompleks serta terus memperoleh informasi yang cukup agar dapat tetap melakukan aktivitas daring secara aman,” ujar Monrawee Ampolpittayanant.

Ke depannya, kata Suharti, program kemitraan lima tahun ini akan memperkuat komitmen jangka panjang Kemendikbudristek dan Twitter dalam menciptakan lingkungan digital yang bebas dari perundungan daring, kekerasan berbasis gender, dan radikalisme. Dengan berfokus pada lingkungan sekolah, program ini akan membantu pengguna pemula media sosial, yang merupakan pelajar SMP, untuk menavigasi ranah daring yang semakin kompleks.

Melalui program ini, pelajar SMP diharapkan dapat berpartisipasi dalam percakapan publik secara aman dengan merujuk pada kurikulum serta panduan media sosial yang telah disesuaikan untuk meningkatkan akses terhadap pengetahuan literasi media sosial dan informasi.

“Dengan adanya kerja sama ini kita ingin membangun program literasi digital berkelanjutan yang mampu mengurangi kesenjangan pengetahuan serta mengatasi tantangan dan masalah yang berkembang cepat di ranah teknologi. Kami berharap kemitraan ini akan membantu generasi muda Indonesia lebih mahir menggunakan teknologi dan mengetahui cara terbaik menggunakan media sosial serta memahami kebijakan yang ada untuk mendukung mereka,” pungkas Suharti. (faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs