Minggu, 5 Mei 2024

Kemenkes Targetkan 514 Kabupaten/Kota Punya RS yang Bisa Menangani Penyakit Katastropik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Istimewa

Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan menargetkan sebanyak 514 Kabupaten/Kota ditargetkan memiliki rumah sakit yang mampu melakukan pelayanan kesehatan penyakit katastropik yakni stroke, kanker, jantung dan ginjal. Ini karena jumlah penderita keempat penyakit itu terus meningkat, serta menjadi penyebab utama kematian dan berkontribusi pada besarnya biaya kesehatan.

”Visi mempercepat cakupan pelayanan rumah sakit untuk 4 penyakit katastropik sedang kita lakukan dengan mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Kita targetkan 34 provinsi memiliki minimal 1 RS tingkat paripurna/utama dan 507 kabupaten/kota memiliki minimal 1 RS tingkat menengah,” ujar Wamenkes, dalam keterangan resminya dikutip Sabtu (13/8/2022).

Demi mencapai target tersebut, pengembangan layanan rumah sakit akan dilakukan bertahap. Tahap pertama, progresnya ditargetkan mencapai 50 persen di tahun 2025, sedangkan tahap kedua ditargetkan rampung 100 persen di tahun 2027.

”Fasilitas pelayanan kesehatan yang ada saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan layanan kesehatan terhadap penyakit katastropik terutama di Daerah Terluar, Pedalaman dan Kepulauan (DTPK). Kita perlu dorong, karena pelayanan rujukan rumah sakit sangat penting untuk masyarakat,” kata Wamenkes.

Untuk layanan penyakit jantung misalnya, Dante menjelaskan, sekarang ini belum banyak Kabupaten/Kota yang mampu melakukan pemasangan ring jantung. Tak jarang pasien harus menunggu dalam jangka waktu yang lama bahkan ada juga yang memilih berobat ke luar negeri.

”Transformasi ini harus segera kita lakukan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan kesehatan di Indonesia. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantre lama demi bisa berobat,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs