Kamis, 18 April 2024

Kemenkumham Tetap Layani Perpanjangan Izin Tinggal WNA Selama G20

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Visa dan Passport. Foto: Shutterstock

Direktorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Kemenkumham) tetap melayani perpanjangan izin tinggal warga negara asing (WNA), selama penyelenggaraan KTT G20 di Bali.

“WNA di Bali yang izin tinggalnya akan habis pada rentang waktu 12 hingga 20 November 2022, dapat mengajukan perpanjangan paling lambat 11 November 2022 pukul 12.00 Wita,” kata Widodo Ekatjahjana Plt Dirjen Imigrasi Kemenkumham dalam keterangannya, Kamis (10/11/2022) dilansir Antara.

Widodo mengatakan, WNA yang ingin mengajukan perpanjangan izin dapat melalui surat elektronik ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai sebelum masa berlaku izin tinggal berakhir.

“Imigrasi tidak pernah berhenti memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pelayanan keimigrasian,” tambahnya.

Meskipun terdapat aturan pembatasan kegiatan masyarakat dalam rangka KTT G20 di Bali, lanjut dia, WNA tetap dapat mengurus perpanjangan izin tinggal di Kantor Imigrasi Ngurah Rai. Selain itu, WNA juga bisa memilih untuk memperpanjang izin tinggal di Kantor Imigrasi Denpasar atau Kantor Imigrasi Singaraja.

WNA maupun penjaminnya dapat mengirimkan permohonan perpanjangan izin tinggal beserta syaratnya melalui alamat  [email protected]. Dokumen persyaratan yang dilampirkan tetap sama.

Berdasarkan data yang tercatat dalam Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) pada 1-9 November 2022, tercatat sebanyak 7.194 WNA telah mengajukan perpanjangan izin tinggal di Bali.

“Pemberian layanan keimigrasian dalam masa pembatasan kegiatan masyarakat ini juga untuk membantu WNA agar terhindar dari risiko overstay,” pungkas Widodo. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs