Kamis, 25 April 2024

Ketua KPK Hormati Keputusan Lili Pintauli Lepas Jabatan Komisioner

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Lima orang Pimpinan KPK periode 2019-2023 bersiap mengucapkan sumpah/janji jabatan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Firli Bahuri Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati keputusan Lili Pintauli Siregar mundur dari posisi Wakil Ketua KPK periode 2019-2023.

Dalam keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022), Firli menyampaikan terima kasih atas dedikasi Lili Pintauli selama menjabat sebagai komisioner lembaga antirasuah.

“Atas pengunduran itu, Bapak Presiden RI telah menyetujui dan menandatangani Keppres 71/P Tahun 2022 tentang pemberhentian Pimpinan KPK Ibu Lili Pintauli Siregar, terhitung per tanggal 11 Juli 2022,” ujarnya.

Dia melanjutkan, sesuai Undang-undang KPK, Presiden berhak mengajukan calon Pimpinan KPK pengganti kepada DPR RI.

Pensiunan Polri itu mengklaim KPK akan terus berkomitmen memberantas korupsi demi mewujudkan Indonesia yang bersih dan berbudaya antikorupsi.

Seperti diketahui, Lili Pintauli resmi melepas jabatannya sebagai Pimpinan KPK, di tengah isu penerimaan gratifikasi tiket nonton MotoGP Mandalika plus akomodasinya di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dari Direktur Utama PT Pertamina.

Sementara itu, Faldo Maldini Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara mengatakan, Joko Widodo Presiden sudah menerima surat pengunduran diri Lili Pantauli Siregar dari posisi Wakil Ketua KPK.

Menurutnya, Jokowi juga sudah menandatangani Keputusan Presiden tentang pemberhentian Lili Pantauli.

Sebelum kasus dugaan menerima gratifikasi, nama Lili Pintauli mendapat sorotan publik karena berkomunikasi dengan Muhammad Syahrial Wali Kota Tanjungbalai yang terlibat korupsi dan kasusnya sedang ditangani KPK.

Pada Agustus 2021, Lili terbukti melanggar etik karena menyalahgunakan pengaruhnya sebagai Pimpinan KPK untuk kepentingan pribadi.

Atas pelanggaran itu, Lili Pintauli mendapat hukuman berupa pemotongan gaji 40 persen selama 12 bulan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs