Jumat, 29 Maret 2024

Khofifah Panen Melon Emas di Masjid Al-Akbar Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat panen melon di pekarangan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Foto: Biro Adpim Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur memanen buah melon emas yang dibudidayakan di pekarangan Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.

“Ini sungguh inovasi yang kreatif dari pengelola Masjid Al-Akbar untuk memanfaatkan potensi lahan kosong di sekitarnya,” tuturnya, Sabtu (12/11/2022) dikutip Antara.

Menurut keterangan tertulis, dalam kesempatan itu pula Gubernur Khofifah sekaligus meresmikan “Green House” dengan lahan seluas 11 x 26 meter yang berada di Area Urban Farming Masjid Nasional Al-Akbar, Kota Surabaya.

Saat ini, Green House tersebut ditanami 1.038 melon emas dengan tiga varietas, yakni varietas Inthanon RZ yang fisiknya luarnya kuning ada net dalam hijau, varietas Alisha panah merah yang fisik luarnya kuning polos serta bagian dalam oranye dan varietas Ranggipo RZ yang fisik luarnya hijau bergaris ada net.

Ketiga jenis variatas melon emas itu kini sedang dalam masa panen setelah ditanam sekitar 70 hari yang lalu.

Tidak hanya memanen, Khofifah juga mencicipi langsung buah dari tiga varietas melon emas tersebut.

“Ketiganya terasa begitu manis,” ujarnya.

Gubernur Jawa Timur itu pun menyampaikan bahwa budi daya melon emas yang dilakukan di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya bisa menjadi contoh bagaimana mengembangkan sektor agrikultur modern di lahan terbatas.

“Ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat bagaimana kita bisa menanam berbagai tanaman holtikultura berbasis milenial. Termasuk mencoba menanam di pekarangan rumah kita. Tidak harus melon, bisa cabai atau tomat,” pungkasnya.(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs