Jumat, 10 Mei 2024

Konferensi Forum Rektor Indonesia 2022 Membahas Kualitas Demokrasi Hingga Kondisi Ekonomi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mohammad Nasih Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya saat berada di Gedung Rektorat Unair Kampus C, pada Kamis (13/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2022 akan diselenggarakan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada tanggal 29-30 Oktober mendatang.

Mohammad Nasih Rektor Unair mengatakan, acara tersebut akan dihadiri oleh rektor seluruh kampus di Indonesia.

“Ini merupakan hajatan besar, akan menghadirkan ratusan bahkan ribuan rektor baik dari perguruan tinggi swasta maupun negeri, baik yang akademik maupun yang vokasi,” ucapnya dalam konferensi press yang diadakan di Gedung Rektorat Unair Kampus C, pada Kamis (13/10/2022).

Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa acara tahunan tersebut mengusung tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Kedaulatan, Pangan, Energi, Obat dan Alat Kesehatan Menuju Indonesia Emas 2045.”

“Atau kalau tema pendeknya itu, Peran Perguruan tinggi untuk menciptakan Indonesia Berdikari,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa acara itu merupakan ajang untuk menyampaikan ide dan pendapat, sekaligus untuk mendengarkan pandangan dan gagasan tentang Indonesia.

“Sebagai sarana memberi sumbangan saran dan ide untuk Indonesia yang akan datang, dan untuk kita sampaikan pada pemerintah,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa topik Pemilu 2024 juga akan dibahas dalam acara tersebut. Dengan harapan agar terjadi peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia.

“Karena tahun-tahun ini akan banyak kegiatan pesta demokrasi, pemikiran awal dengan kualitas demokrasi akan menjadi salah satu topik yang kita bahas,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam agenda itu akan membahas persoalan ekonomi yang menyangkut pangan dan juga kesehatan.

“Karena kalau pangan dan kesehatan kita berdikari, maka dampak dari resesi akan bisa kita eliminasi. Artinya, kalaupun dunia keuangan gonjang ganjing, kita masih bisa makan dan sehat,” ucapnya.

Selain itu, dalam pertemuan itu juga akan membahas tentang pendidikan, dengan harapan untuk tercapainya Indonesia emas 2024.

“Agak jauh memang, tapi kita mulai untuk step by stap, tahun ini, tahun depan, dan seterusnya. Ide ini harus kita kumpulkan, kolaborasikan dan kemudian kita sampaikan pada mereka yang berhak dan berkompeten untuk menindaklanjuti,” tukasnya.

Sebagai diketahui, acara tersebut rencananya akan menghadirkan para menteri untuk ikut memberikan pendapat, dan Jokowi Presiden akan berkesempatan membuka Konferensi FRI itu, sedangkan Ma’ruf Amin Wakil Presiden akan bertugas menutup acara pertemuan rektor seluruh Indonesia itu.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
28o
Kurs